Begini Komentar Istana Terkait Mantan Dirut PLN Sofyan Basir yang Divonis Bebas

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko ikut memberikan komentar terkait vonis hakim pengadilan Tipikor yang membebaskan mantan Dirut PLN Sofyan Basir.

Begini Komentar Istana Terkait Mantan Dirut PLN Sofyan Basir yang Divonis Bebas
Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko 

TRIBUNTERNATE.COM - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi telah memvonis bebas mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir pada Senin (4/11/2019).

Menggapi hal tersebut, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko ikut memberikan tanggapan.

Moeldoko menyebut vonis hakim pengadilan Tipikor yang membebaskan Sofyan Basir harus dihormati.

"Saya pikir kita negara hukum. Penghormatan atas hukum, dan proses hukum kan harus kita hormati," kata Moeldoko dalam wawancara khusus dengan Kompas.com, di Kantor KSP, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Mantan Dirut PLN Sofyan Basir Divonis Bebas, Pernah Kaget Soal Tuntutan Kasus PLTU Riau-1

Tak Lewat Pansel, Jokowi Tunjuk Langsung Dewan Pengawas KPK, Nama Ahok & Antasari Azhar Muncul Lagi

Moeldoko menambahkan, ia juga menghormati apabila KPK hendak melakukan banding atas vonis hakim di tingkat pertama.

"Intinya bahwa hukum harus memberikan kepastian karena kalau tidak nanti akan membikin ragu-ragu. Dan salah satu alasan investasi di Indonesia adalah kepastian hukum," kata dia.

Moeldoko sekaligus memastikan bahwa pemerintah tak akan pernah mengintervensi proses hukum baik di tingkat penyelidikan, penyidikan hingga pengadilan.

"Intinya hukum harus bebas dari intervensi dan Presiden berkali kali mengatakan kita tidak melakukan intervensi, kita semua harus menghormati hukum. Maka apapun hasilnya harus dihormati," kata mantan Panglima TNI ini.

Sebelumnya, Sofyan dituntut jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yakni 5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan.

Namun, majelis hakim menganggap Sofyan tidak terbukti melakukan pembantuan atas transaksi suap terkait proyek PLTU Riau-1.

Kapolri Bertemu dengan Jaksa Agung dan Ketua KPK untuk Bahas Masalah Ini

Tunggu Uji Materi di MK, Presiden Jokowi Pastikan Tak akan Menerbitkan Perppu KPK

"Mengadili, satu, menyatakan terdakwa Sofyan Basir tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana didakwaan penuntut umum dalam dakwaan pertama dan kedua," kata hakim Hariono saat membaca amar putusan.

Majelis hakim berpendapat bahwa Sofyan tidak terbukti memenuhi unsur pembantuan memberi kesempatan, sarana dan keterangan kepada mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo dalam mendapatkan keinginan mereka mempercepat proses kesepakatan proyek Independent Power Producer (IPP) PLTU Riau 1.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, pihaknya akan menempuh upaya hukum lanjutan atas vonis tersebut. (Kompas.com/Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sofyan Basir Divonis Bebas, Ini Komentar Istana"

Editor: Sri Handayani1
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved