Otomotif

Hati-hati, Mobil dan Motor Modifikasi Wajib Lapor! Pelanggar Kena Denda Rp 24 Juta

Pemilik kendaraan bermotor yang melakukan perubahan bentuk maupun spesifikasi wajib melakukan pelaporan ke Kepolisian dan Kementerian Perhubungan.

Hati-hati, Mobil dan Motor Modifikasi Wajib Lapor! Pelanggar Kena Denda Rp 24 Juta
Dok Biro Pers Istana
Ilustrasi - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengendarai motor baru berkelir hijau beraliran custom untuk berkeliling Kota Tangerang, Minggu (4/11/2018). 

TRIBUNTERNATE.COM - Bukan rahasia umum lagi, jika banyak kalangan pecinta motor dan mobil yang sering melakukan modifikasi pada kendaraannya.

Kali ini ada sebuah peraturan terbaru mengenai aturan modifikasi motor dan mobil.

Pasalnya, pemilik kendaraan bermotor yang melakukan perubahan bentuk maupun spesifikasi ( modifikasi) wajib melakukan pelaporan ke Kepolisian dan Kementerian Perhubungan.

Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 49 sampai Pasal 52.

Jika pemilik tidak mengindahkan regulasi, siap-siap dikenakan denda sampai Rp 24 juta.

Viral Video Polisi Nyamar Jadi Ojol, Pemotor yang Diberhentikan Sempat Tak Terima Lalu Nyalinya Ciut

UPDATE Harga Motor Honda Februari 2020: Matic BeAT Mulai Rp 16,4 Juta dan PCX 150 Rp 29,5 Jutaan

" Modifikasi (kendaraan bermotor) boleh tetapi harus memenuhi batas wajar tertentu kemudian dilaporkan. Jika tidak, sebagaimana aturan yang berlaku, pemilik akan dikenakan sanksi," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir di Jakarta beberapa waktu lalu.

Secara spesifik, pada Pasal 50 disebutkan bahwa setiap kendaraan bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan, yang diimpor, dibuat dan/atau dirakit di dalam negeri, serta modifikasi Kendaraan Bermotor yang menyebabkan tipe, harus dilaporkan dan dilakukan uji tipe.

Uji tipe, sebagaimana yang dimaksud, ialah;

a. Pengujian fisik untuk pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan yang dilakukan terhadap landasan Kendaraan Bermotor dan Kendaraan Bermotor dalam keadaan lengkap, dan

b. Penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor yang dilakukan terhadap rumah-rumah, bak muatan, kereta gandengan, kereta tempelan, dan Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi tipenya.

Halaman
12
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved