Gubernur Maluku Siap Dukung Blok Masela Termasuk Pengadaan Lahan

Pemerintah Provinsi Maluku mengaku siap memberikan dukungan dalam proses percepatan Blok Masela termasuk soal pengadaan lahan.

Gubernur Maluku Siap Dukung Blok Masela Termasuk Pengadaan Lahan
KONTAN
Ilustrasi kilang minyak 

TRIBUNTERNATE.COM - Pemerintah Provinsi Maluku mengaku siap memberikan dukungan dalam proses percepatan Blok Masela termasuk soal pengadaan lahan.

Hal ini disampaikan Gubernur Maluku Murad Ismail dalam pertemuannya dengan Kantor Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

"Kepentingan Maluku agar proyek strategis nasional ini bisa berjalan karena akan memberikan multiplier effect (dampak ganda) bagi perekonomian daerah, sekaligus membuka lapangan pekerjaan. Kita harus optimis, proyek Blok Masela akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan daerah Maluku," jelas Murad dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (9/3).

 Kisah Kades Terpilih di Maluku 10 Tahun Belum Dilantik Cari Keadilan, Ini Kata Gubernur Murad Ismail

Untuk itu, Murad mengaku siap memberikan dukungan dalam upaya percepatan pembangunan Blok Masela.

Sementara itu, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto bilang pertemuan ini sebagai salah satu langkah positif demi merealisasikan target pembangunan infrastruktur pada 2021 mendatang.

Selain itu, Dwi menjelaskan Pemerintah Provinsi Maluku meyakinkan akan mendukung proses pembebasan lahan dan perizinan yang kerap menjadi momok dalam investasi.

"Contohnya kemarin, waktu kami mengajukan rekomendasi untuk penggunaan lahan kehutanan dari Gubernur Maluku. Kira-kira cuma cuma 1 minggu (selesai). Faster than recommendation," ujar Dwi.

Menurutnya, dengan koordinasi yang cukup baik dengan pihak pemerintah daerah, kemudahan dalam proses pengadaan lahan di proyek Masela didapatkan.

Hal senada diutarakan Murad yang memastikan tidak akan mempersulit proses perizinan, dan akan terlibat dalam upaya pembebasan lahan.

SKK Migas menyampaikan, Gubernur Maluku juga telah memberikan izin bagi penggunaan lahan kehutanan yang akan digunakan untuk pembangunan fasilitas produksi berupa kilang LNG proyek Abadi Blok Masela.

Halaman
12
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved