Sakit Flu Sepulang dari Luar Negeri, Sandiaga Uno Enggan Tes Corona, Ini Alasannya

Sandiaga Uno mengaku sempat mengalami flu berat setelah pulang kunjungan dari beberapa negara, yaitu Jepang, Malaysia, dan Singapura.

Sakit Flu Sepulang dari Luar Negeri, Sandiaga Uno Enggan Tes Corona, Ini Alasannya
KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIA
Sandiaga Uno ketika ditemui usai acara Indonesia Economic Forum di Jakarta, Rabu (20/11/2019). 

TRIBUNTERNATE.COM - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno mengaku sempat mengalami flu berat setelah pulang kunjungan dari beberapa negara, yaitu Jepang, Malaysia, dan Singapura.

Sandi mengatakan, saat itu ia segera memeriksakan diri ke dokter dan melakukan penjagaan jarak atau physical distancing. Ia mengaku sudah melakukan aktvititas dari rumah sejak 6 Maret 2020.

"Flunya ini lebih berat dari sebelumnya. Saya minum obat diberikan dokter dan saya mulai ada di rumah tanggal 6 Maret," kata Sandi dalam konferensi pers via Google Meet, Kamis (26/3/2020).

Sejumlah kerabat menyarankan Sandi melakukan tes virus corona. Namun, ia menolak.

"Saya melihat lebih harus diberikan prioritas ke masyarakat lansia, kemudian saudara-saudara kita yang rentan seperti misal yang asma, diabetes, (sakit) paru-paru," ujar dia.

Sandi mengaku cukup yakin dengan pemeriksaan dokter yang ia lakukan sejak awal.

Sandi pun mengatakan, kondisinya kian membaik dari hari ke hari. Namun, dia mengatakan selalu menganggap dirinya "terinfeksi" virus corona agar tetap waspada.

Menurut dia, kewaspadaan dan kesadaran diri ini menjadi kunci dalam pencegahan penyebaran virus corona.

Sebab, masing-masing orang bisa saja menjadi pembawa virus (carrier) tanpa disadari.

"Saya sendiri kondisinya membaik, tapi saya berperilaku seperti saya sudah terjangkit. Dengan seperti itu, saya menjaga sacara hati-hati. Mencuci tangan, jaga kesehatan, menjaga interaksi dengan orang," tutur Sandi.

Halaman
12
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved