Virus Corona

Ingat, Ini Bahan Kain Terbaik Membuat Masker untuk Cegah Virus Corona

Partikel aerosol kecil ini bahkan dapat menyebabkan infeksi, kemungkinan untuk terpapar partikel yang lebih besar juga dapat terjadi.

hongkongliving.com
ilustrasi - Masker 

TRIBUNTERNATE.COM - Demi mencegah penyebaran virus corona, pemerintah telah mengeluarkan kebijkan untuk menggunakan masker bagi seluruh warga.

Kebijakan penggunaan masker ini juga mulai dianjurkan sejumlah negara sebagai bagian strategi untuk menghentikan penyebaran virus corona, SARS-CoV-2.

Sebab Pusat pengendalian penyakit (CDC) telah merekomendasikan masker bedah dan N95 yang diutamakan bagi para petugas medis yang berada di garis terdepan dalam penanganan Covid-19.

Namun, jika Anda membutuhkan masker, maka dianjurkan untuk mengenakan masker non-medis seperti yang terbuat dari kain.

Lantas, kain seperti apa yang tepat untuk mencegah tertular kuman atau virus?

Melansir Science Alert, Senin (27/4/2020), para peneliti dari Argonne National Laboratory dan University of Chicago di Amerika Serikat telah mengambil beberapa sampel bahan umum dan mengujinya.

Satu Suara, Gubernur dan DPRD di Sulawesi Tenggara Menolak 500 TKA China Akan Masuk Sultra

Di Tengah Corona, Pangeran William dan Kate Middleton Anniversary ke-9 Tahun, Banjir Ucapan Selamat

Para peneliti ini menguji bahan atau kain di laboratorium untuk menyelidiki sifat filtrasi mekanis dan elektrostatiknya.

Banyak lapisan dan campuran kain yang bekerja dengan baik dalam menyaring partikel, tetapi masker dengan bahan yang tidak tepat dapat merusak semuanya.

"Kami telah melakukan penelitian untuk beberapa kain umum, termasuk dari kapas, sutra, sifon, kain flanel, berbagai sintetis dan kombinasinya," kata peneliti.

Secara keseluruhan mereka menemukan kombinasi berbagai kain yang tersedia secara umum yang digunakan dalam membuat masker kain berpotensi memberikan perlindungan yang signifikan terhadap transmisi partikel aerosol.

Kain hibrida mampu menyaring partikel

Halaman
123
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved