Rawan Peretasan Data, Simak Tips Berbelanja Online yang Aman dari Lazada

Lazada Indonesia menyatakan dengan dukungan teknologi keamanan Alibaba, pihaknya terus melakukan usaha terbaik melindungi data penggunanya.

laoistoday.ie
ILUSTRASI - belanja online 

TRIBUNTERNATE.COM - Peretasan data pelanggan kini kian marak terjadi. 

Lazada Indonesia menyatakan dengan dukungan teknologi keamanan Alibaba, pihaknya terus melakukan usaha terbaik melindungi data penggunanya.

Fery Kusnowo, Chief Customer Officer Lazada menyampaikan beberapa masukan agar bisa menjadi panduan konsumen saat berbelanja online.

"Gunakan kata sandi yang kuat dan unik, dan ganti kata sandi Anda secara rutin, lalu jangan berikan detil akun dan kata sandi Anda, termasuk One Time Password (OTP) kepada siapa pun. Data-data tersebut bersifat pribadi dan rahasia. Penjual maupun karyawan Lazada, tidak diperkenankan menanyakan akun detil, kata sandi ataupun OTP Anda," ujar Ferry saat dihubungi oleh Kontan.co.id, Senin (4/5).

Tanggapan Analisis Ahli Siber tentang Kebocoran Data 15 Juta Pengguna Tokopedia

Ia melanjutkan, segala transaksi yang terjadi di Lazada harus dituntaskan melalui situs resmi ataupun aplikasi mobile.

Serta tidak mengklik link yang tidak biasa (bukan dari domain Lazada.co.id ataupun Lazada.com) yang dapat mengarahkan pelanggan ke laman tipuan dan meminta nama pengguna dan juga kata sandi.

Lazada sendiri belum mau membuka bagaimana sistem internalnya melindungi data pelanggan. Namun pihaknya mengakui terus melakukan pengecekan rutin apabila terdapat aktivitas yang tidak biasa di sistemnya.

Lazada juga menekankan agar pengguna segera menghubungi bagian customer service untuk mengonfirmasi lebih lanjut jika ada keraguan dan kecurigaan terjadi.

"Perlindungan data konsumen adalah prioritas utama kami dan setiap tindakan yang kami lakukan adalah untuk memastikan konsumen selalu memiliki pengalaman belanja yang aman dan menyenangkan di platform kami," pungkas Ferry.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Peretasan data pelanggan kerap terjadi, Lazada berikan tips berbelanja online

Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved