Ini Penyebab Harga Minyak Dunia Kembali Merosot

Harga minyak mentah dunia ditutup melemah pada sesi perdagangan Kamis (7/5/2020).

KONTAN
Ilustrasi kilang minyak 

TRIBUNTERNATE.COM - Harga minyak mentah dunia kembali menjadi sorotan.

Sebab harga minyak mentah dunia ditutup melemah pada sesi perdagangan Kamis (7/5/2020).

Dikutip dari MarketWatch, Jumat (8/5/2020), acuan harga minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni 2020 turun 0,44 dollar AS atau 1,8 persen ke level 23,55 dollar AS per barel.

Hal serupa juga dialami harga minyak jenis Brent pengiriman Juni 2020 yang turun 0,26 dollar AS atau 0,9 persen ke level 29,46 dollar AS per barel.

Pelemahan ini utamanya terjadi akibat kekhawatiran masyarakat terhadap permintaan minyak dunia yang diproyeksi tidak akan membaik dalam waktu dekat.

Terendah Sepanjang Sejarah, Harga Minyak Mentah Anjlok di Bawah 0 Dollar AS Karena Corona

Catat! Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi, Beras hingga Minyak Goreng

Tiga presiden bank sentral AS The Federal Reserve menyakini, aktivitas perekonomian tidak akan pulih dengan cepat meski pemerintahan melonggarkan kebijakan lockdown.

"Saya pikir, dalam jangka pendek (aktivitas perekonomian) benar-benar akan suram," ujar Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari.

Selain itu, pasar juga dibayang-bayangi kekhawatiran negara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak bersama mitra (OPEC+) yang tidak akan memenuhi kesepakatan pemangkasan produksi minyak mentah.

Beberapa negara kecil yang tergabung dalam OPEC+, seperti Kazakhtan, disebut-sebut kesulitan untuk memangkas produksi minyak mentah, sebab berpotensi menimbulkan ketidakstabilan domestik.

Sebagai informasi, harga minyak sempat menguat pada perdagangan sesi Kamis.

Halaman
123
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved