Lebaran 2020

6 Wilayah di Maluku Diizinkan Gelar Salat Id di Masjid, Kepulauan Aru hingga Maluku Barat Daya

Enam kabupaten atau kota di Provinsi Maluku diizinkan menyelenggarakan shalat Idul Fitri berjamaah di masjid atau lapangan.

surya.co.id/ahmad zaimul haq
Ilustrasi - Tata Cara Salat Idul Fitri 1441 H Fatwa MUI, Lengkap Bacaan Niat Shalat Idul Fitri Sendiri dan Doa 

TRIBUNTERNATE.COM - Sebanyak enam kabupaten atau kota di Provinsi Maluku diizinkan menyelenggarakan shalat Idul Fitri berjamaah di masjid atau lapangan. 

Hal itu dikarenakan enam wilayah tersebut masuk kategori zona hijau Covid-19. 

“Untuk enam daerah zona hijau di Maluku diperbolehkan untuk menyelenggarakan shalat id di masjid maupun di lapangan,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang kepada Kompas.com, Jumat (22/5/2020).

Balas WA Ganjar Pranowo, Bupati Karanganyar Tetep Kekeh Gelar Salat Id di Alun-alun

Enam daerah yang dinyatakan bebas Covid-19 itu di antaranya, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara, dan Kota Tual.

Kasrul yang juga Sekretaris Daerah Maluku ini mengatakan, meski diizinkan menggelar shalat Id di masjid dan lapangan, warga tetap harus mengikuti protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

“Mereka diperbolehkan shalat di masjid untuk daerah yang bebas Covid-19 tetapi tetap harus menggunakan protokol keselamatan, harus menggunakan masker,” katanya.

Sementara, lima wilayah lain yang terpapar Covid-19 dilarang menyelenggarakan shalat Idul Fitri di masjid atau lapangan.

Di antaranya, Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru, dan Kabupaten Buru Selatan.

BREAKING NEWS: Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1441 H Jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020

Untuk lima wilayah itu, masyarakat diminta melakukan shalat Id di rumah masing-masing sesuai anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pemerintah pusat.

“Tentu bagi daerah yang tidak masuk zona hijau sudah ada anjuran pemerintah dan fatwa MUI harus shalat di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Sebelumnya, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar juga telah mengimbau masyarakat di wilayah zona merah untuk menjalankan shalat Id di rumah masing-masing.

Polda Maluku bersama sejumlah instansi terkait telah menyosialisasikan fatwa MUI tentang pedoman tata cara beribadah di tengah pandemi Covid-19 kepada masyarakat.

“Untuk warga yang di zona merah shalat di rumah saja. Kita juga telah menyosialisasikan masalah ini ke pengurus-pengurus masjid di Kota Ambon,” katanya. 

(Kompas.com/Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Zona Hijau Covid-19, 6 Wilayah di Maluku Diizinkan Gelar Shalat Id di Masjid"

Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved