Breaking News:

Perlukah Memakai Masker saat Nyetir Mobil Sendiri? Simak Penjelasannya

Dokter Rumah Sakit Pertamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, menjelaskan, pemakaian masker sebenarnya adalah tindak pencegahan.

shutterstock
Ilustrasi memakai masker saat mengendarai mobil. 

TRIBUNTERNATE.COM - Beberapa waktu lalu sempat viral foto yang beredar di media sosial, memperlihatkan petugas yang menindak pengemudi yang tidak menggunakan masker.

Masalah yang diperdebatkan, pengendara itu menyetir mobil milik sendiri dan hanya sendirian di dalam mobil.

Ketentuan menggunakan masker di dalam mobil sebenarnya diatur lewat Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Pada pasal 18 ayat (4) disebutkan bahwa masyarakat yang menggunakan mobil pribadi diwajibkan memakai masker.

Berkaca dari hal tersebut, sebetulnya perlukah menggunakan masker ketika menyetir mobil sendiri?

Dokter Rumah Sakit Pertamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, menjelaskan, pemakaian masker sebenarnya adalah tindak pencegahan.

Penumpang KRL Diminta Tak Memakai Masker Scuba dan Buff, Begini Penjelasan Sains

Viral Para Menteri Foto Bareng di Bali Tanpa Masker dan Tidak Jaga Jarak, Ini Kata Teten Masduki

“Kalau memang kondisinya saat kita sendirian berada di dalam mobil, menggunakan mobil pribadi, tidak sharing dengan orang lain yang tidak tinggal satu rumah dengan kita, dan langsung ke titik tujuan, memang risiko penularannya rendah,” ujar Daniel saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/9/2020).

x
Pemberlakuan perluasan pembatasan kendaraan dengan sistem pelat nomor ganjil genap resmi diterapkan Senin (9/9/2019).(KOMPAS.com/Gilang)

Daniel melanjutkan, jika pengemudi berkendara seorang diri namun mengharuskannya berhenti di beberapa titik (tidak langsung ke tujuan), disarankan untuk selalu menggunakan masker.

“Seperti harus mengambil karcis parkir, bayar tol, atau pengemudi mampir ke tempat lain terlebih dahulu sebelum sampai tujuan diharuskan untuk menggunakan masker,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Dokter Rumah Sakit RSCM, Indrafebrina Sugianto, B.MedSci, menyetujui hal tersebut.

Menurutnya, penggunaan masker di dalam mobil memang hal yang disarankan apalagi jika ada orang lain di dalam mobil yang tidak satu domisili dengan pengemudi tersebut.

“Jika pengemudi berkendara sendiri juga masih ada risiko transmisi ketika ambil karcis, bayar parkir, tap kartu tol yang mengharuskan buka jendela dan ada orang lain diluar. Jika kita tidak menggunakan masker itu bisa berbahaya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Alasan Nyetir Mobil Sendiri Juga Perlu Pakai Makser"
Penulis : Aprida Mega Nanda
Editor : Azwar Ferdian

Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved