Breaking News:

Sekolah Tatap Muka di Banda Naira Maluku Tengah Diterapkan, Siswa Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Kepala Sekolah SD Negeri 2 Naira, menyebutkan, penerapan pembelajaran tatap muka di sekolah itu dilakukan karena belajar di rumah tidak begitu efektif

Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng
Siswa-siswi Sekolah SD Negeri 2 Naira di Kecamatan Banda Naira, Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah kini bisa merasakan kembali suasana pembelajaran tatap muka di sekolah, Rabu (28/10/2020) 

TRIBUNTERNATE.COM - Suasana pembelajaran tatap muka di sekolah mulai dirasakan oleh siswa-siswi Sekolah SD Negeri 2 Naira di Kecamatan Banda Naira, Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Menurut Kepala Sekolah SD Negeri 2 Naira, Fatimah Assegaf menyebutkan, penerapan pembelajaran tatap muka di sekolah itu dilakukan karena belajar di rumah dirasa tidak begitu efektif.

“Sudah mendekati tes semester satu di bulan Desember mendatang. Tapi, kebanyakan siswa kami ketinggalan materi pembelajaran,” terang Kepala Sekolah SD Negeri 2 Naira, Fatimah Assegaf kepada TribunAmbon.com saat ditemui di ruang kerjanya SD Negeri 2 Naira, Kecamatan Banda Naira, Pulau Banda, Kabupaten Maluku, Rabu (28/08/2020).

Baca juga: Kata Wamendag Soal Nilai Eksport Maluku Naik 140,8 Persen: Produk Lokal Ada di Daerah, Kembangkan

Baca juga: Gubernur Maluku Kibarkan Bendera Merah Putih di Perbatasan Indonesia-Australia di Hari Sumpah Pemuda

Dia menuturkan, semenjak pandemi covid-19 menyebar di Provinsi Maluku, peraturan diturunkan Pemerintah untuk sementara mengalihkan proses pembelajaran tatap muka ke pembelajaran secara daring. 

Namun, berbeda dengan sekolah di Pulau Banda yang mengalihkan proses pembelajaran di sekolah ke rumah-rumah guru.

Kata dia, setelah melakukan evaluasi terhadap guru maupun perkembangan siswa selama beberapa bulan terakhir, pihaknya menyimpulkan proses pembelajaran di rumah tidak begitu efektif. 

Sebagian besar siswa tidak hadir sesuai dengan jadwal kelas yang telah ditentukan, alhasil guru akan mengulang kembali materi yang sama kepada siswa yang berbeda. 

tribunnews
Siswa-siswi Sekolah SD Negeri 2 Naira di Kecamatan Banda Naira, Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah kini bisa merasakan kembali suasana pembelajaran tatap muka di sekolah, Rabu (28/10/2020) (adjeng)

Selain itu, kapasitas rumah guru yang kecil, tidak bisa menampung lebih dari 10 siswa untuk sekali pertemuan.

Baca juga: Ini Upaya Pemprov Maluku Ketika Angka Stunting di Maluku Dinilai Masih Tinggi

Baca juga: Ini Tiga Pesan Gubernur Maluku Murad Ismail Ketika Buka Kongres AMGPM ke-29

Hal ini tentu saja, lanjut dia, memakan waktu dan berdampak pada rencana program pembelajaran yang telah dirancang dan siswa akan ketinggalan materi pembelajaran. 

Jika hal ini terus-terusan terjadi, maka siswa akan kesulitan menghadapi tes semester satu yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang. 

Halaman
12
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved