Breaking News:

Gempa di Sulawesi Barat

Gempa Bumi di Sulawesi Barat: Jumlah Korban Meninggal Dunia Mencapai 89 Orang

Jumlah korban yang meninggal dunia mencapai 89 orang. Para korban berada di dua wilayah yakni Kabupaten Mamuju dan Majene.

Editor: Rizki A
HO/ Tribun Timur
Kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) tampak rusak parah akibat gempa bumi dengan magnitudo 6,2 SR pada Jumat (15/1/2021) pukul 02.28 Wita. Ini merupakan gempa susulan, sebelumnya gempa terjadi pada Kamis. 

TRIBUNTERNATE.COM - Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 18 orang dalam keadaan selamat saat bencana gempa di Sulawesi Barat.

Jumlah tersebut berdasarkan data dari Basarnas per Selasa, 19 Januari 2021 pukul 15.20 WITA.

"Jumlah yang selamat mencapai 18 orang," ujar Kepala Basarnas Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito melalui keterangan tertulis, Selasa (19/1/2021).

Sementara, jumlah korban yang meninggal dunia mencapai 89 orang. Para korban berada di dua wilayah yakni Kabupaten Mamuju dan Majene.

"Korban meninggal Dunia yang berasal dari Mamuju 78 orang, sementara Majene berjumlah 11 orang," tutur Bagus.

Seperti diketahui, sejumlah bangunan bertingkat di kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat roboh akibat gempa bumi magnitudo 6,2 yang terjadi Jumat (15/1/2021), pukul 02.28 WITA.

Pusat gempa berada di 4 kilometer Timur Laut Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Namun, getaran gempa terasa hingga Mamuju, Makassar hingga Palu.

Baca juga: MUI Tak akan Terbitkan Fatwa Wajib Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Airlangga Hartarto Positif Covid-19: Istana Mengaku Tak Tahu, Kemenko Perekonomian Beri Keterangan

BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Kawasan Bukit dan Pesisir

Mengingat masih ada kemungkinan gempa susulan terjadi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada pada kawasan bukit.

"Masyarakat perlu waspada dengan kawasan perbukitan dengan tebing curam. Karena gempa susulan signifikan dapat memicu longsoran (landslide) dan runtuhan batu (rock fall)," keterangan tertulis Koordinator Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, kepada Tribunnews, Jumat (15/1/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved