Breaking News:

Rasa Takut Ditinggalkan Secara Emosional, Sebuah Perasaan yang Muncul Akibat Trauma Diabaikan

Rasa takut ditinggalkan, sebuah rasa ketakutan luar biasa bahwa seseorang yang dicintai akan pergi dan tidak kembali, dapat disebabkan berbagai hal.

Kompas.com
Ilustrasi orang sedih. 

TRIBUNTERNATE.COM - Rasa takut ditinggalkan adalah sebuah rasa ketakutan yang luar biasa bahwa seseorang yang dicintai akan pergi dan tidak kembali.

Ini adalah definisi yang dijelaskan oleh seorang konselor, psikoterapis, dan anggota Asosiasi Konseling dan Psikoterapi (BACP) Inggris, Lindsay George.

Seringkali, kita memikirkan ketakutan ditinggalkan hanya terjadi pada sebuah hubungan percintaan.

Akan tetapi, Lindsay mengatakan bahwa, hal ini juga bisa dialami terhadap orang tua atau teman, dan tentu saja terhadap pasangan.

Menurut Lindsay, rasa ketakutan ditinggalkan, juga tidak selalu berkaitan dengan ditinggalkan secara fisik, seperti dilandir oleh TribunTernate.com dari Cosmopolitan.com.

"Ketakutan ini, bisa dialami pada tingkat fisik, misalnya muncul pikiran, orang yang memiliki hubungan dekat dengan kita akan meninggalkan kita," kata Lindsay.

Baca juga: Jangan Cemas, Ternyata Ini 7 Manfaat Wanita Menikah di Awal Usia 20-an Tahun

Baca juga: Gisel Unggah Tulisan soal Badai Kehidupan setelah Jadi Tersangka: Mengapa Kamu Begitu Takut?

Akan tetapi bisa juga ketakutan ini berarti takut ditinggalkan secara emosional.

"Atau bisa juga takut jika orang tersebut akan meninggalkan atau mengabaikan kebutuhan emosional kita, membuat kita merasa berjarak, tidak dicintai, dan sendirian, meskipun secara fisik orang itu tetap ada," jelas Lindsay.

Menurut Lindsay, rasa takut kehilangan ini, bisa menjadi salah satu penyebab yang dapat menahan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

Ilustrasi - Zodiak yang menghadapi masalah
Ilustrasi - menghadapi masalah (Freepik.com)

Penyebab Rasa Takut Ditinggalkan

Halaman
123
Penulis: Qonitah Rohmadiena
Editor: Rohmana Kurniandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved