Breaking News:

Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru Tuai Polemik: Kapasitas Pematung Dipertanyakan, Dianggap Boros

Desain istana negara ini menuai polemik di kalangan masyarakat, khususnya kritik dari sejumlah profesional di bidang arsitektur.

Istimewa via Kompas.com
Rendering desain istana negara berbentuk burung garuda di ibu kota baru yang beredar luas di media sosial. Ini merupakan hasil karya salah satu peserta sayembara bangunan gedung IKN, yakni Nyoman Nuarta. 

TRIBUNTERNATE.COM - Belum lama ini, viral beredar gambar desain istana negara atau kantor kepresidenan RI yang ada di ibu kota negara (IKN) baru.

Diketahui, pemerintah siap membangun kantor kepresidenan RI atau istana negara di ibu kota negara (IKN) baru di Kecamatan Sepaku, Kalimantan Timur.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, lokasi istana negara yang akan menjadi titik nol ini bahkan telah ditentukan.

Menurut Suharso, peletakan batu pertama atau groundbreaking istana negara di ibu kota baru akan dimulai pada tahun 2021.

"Kalau semua rancangan yang di master plan yang disusun dan detail plan yang sudah disiapkan kita optimistis, mudah-mudahan istana presiden bisa groundbreaking pada tahun ini," kata Suharso dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi XI DPR RI, Rabu (17/3/2021).

Di media sosial, gambar desain istana negara ini berlambang burung garuda yang didesain oleh I Nyoman Nuarta.

Namun demikian, pembangunan istana negara ini menuai polemik alias pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Sejumlah profesional di bidang arsitektur pun melayangkan kritikan mereka.

Berikut rangkumannya:

Tuai Kritik dari Lima Asosiasi dan Dianggap Tidak Cerminkan Kemajuan Peradaban

Halaman
1234
Editor: Rizki A
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved