Breaking News:

Banjir Bandang di NTT: Presiden Jokowi Minta Gerak Cepat Penanganan, Puan Maharani Berduka

Jokowi memerintahkan agar evakuasi korban dan penanganan dampak bencana alam banjir dan tanah longsor di NTT dan NTB dilakukan secara cepat.

Istimewa via Pos Kupang
Banjir bandang menerjang wilayah Waiwerang di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur pada Sabtu 3 April 2021. Flores Timur menjadi salah satu wilayah terparah akibat badai siklon tropis yang melanda NTT kali ini. 

TRIBUNTERNATE.COM - Bencana alam banjir dan tanah longsor terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak Minggu (4/4/2021).

Terkait hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan imbauannya.

Jokowi memerintahkan agar evakuasi korban dan penanganan dampak bencana alam banjir dan tanah longsor di NTT dan NTB dilakukan secara cepat.

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam keterangan pers, Senin (5/4/2021).

"Pertama-tama atas nama pribadi dan rakyat Indonesia saya mengucapkan duka cita mendalam atas korban meninggal dunia dalam musibah tersebut," ungkap Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Kabinet.

Jokowi mengungkapkan memahami kesedihan yang dialami masyarakat yang merasakan dampak bencana alam.

"Untuk itu saya telah memerintahkan Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, dan Menteri PUPR, serta Panglima TNI dan Kapolri untuk melakukan secara cepat evakuasi dan penanganan korban bencana dan dampak bencana."

"Saya minta penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat dan baik, seperti kebutuhan kesehatan, logistik, kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur," ungkap Jokowi.

Baca juga: Siklon Seroja Tak Hanya Sebabkan Cuaca Ekstrem di NTT, tetapi Juga Berdampak di Wilayah Lain

Baca juga: Staf KPK Ditemukan Tewas di Rumahnya, Polisi Pastikan Penyebabnya Sakit, Sempat Larang Tetangga

Baca juga: Mengenal Siklon Seroja, Penyebab Cuaca Ekstrem yang Picu Banjir Besar di NTT

Banjir bandang menerjang wilayah Waiwerang di Pulau Adonara Kabupeten Flores Timur pada Sabtu 3 April 2021. Flotim menjadi salah satu wilayah terparah akibat badai siklon tropis yang melanda NTT kali ini.
Banjir bandang menerjang wilayah Waiwerang di Pulau Adonara Kabupeten Flores Timur pada Sabtu 3 April 2021. Flotim menjadi salah satu wilayah terparah akibat badai siklon tropis yang melanda NTT kali ini. (Istimewa)

Jokowi juga mengimbau seluruh masyrakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan.

"Selalu meningkatkan kewaspadaan dari bencana banjir dan longsor karena meningkatnya curah hujan yang ekstrem."

Halaman
123
Editor: Rizki A
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved