Breaking News:

Virus Corona

Varian Virus Corona dari India Menyebar, Malaysia Kehabisan Kamar Rumah Sakit untuk Pasien Covid-19

Varian virus corona dari India yang sangat menular telah memasuki negara Malaysia dan Indonesia, hal ini dicemaskan membuat fasilitas kesehatan kolaps

Punit PARANJPE/AFP
Seorang petugas kesehatan yang mengenakan peralatan Pelindung Pribadi (APD) berdiri bersama pasien saat dipindahkan ke unit perawatan intensif (ICU), di dalam ambulans di pusat pemulihan untuk merawat pasien virus corona Covid-19, di Mumbai pada 22 April 2021. 

TRIBUNTERNATE.COM - Varian virus corona dari India yang sangat menular telah memasuki negara Malaysia dan Indonesia.

Sementara, rumah sakit di Malaysia kini hampir kehabisan tempat tidur untuk pasien Covid-19, kata Kepala Departemen Kesehatan Malaysia.

Diketahui, Malaysia telah mencatat 60 ribu infeksi Covid-19 baru sejak awal April 2021.

"Kami telah mendeteksi satu kasus varian (India) di gerbang internasional kami, dan sejauh ini, kami hanya melihat varian dari Afrika Selatan dan Inggris," kata Menteri Kesehatan Malaysia, Adham Baba, dikutip dari BenarNews, Selasa (4/5/2021).

Sementara dua varian Covid-19 dari Afrika Selatan dan Inggris, kini justru memperburuk keadaan, tercatat adanya peningkatan jumlah kasus positif di beberapa daerah.

"Kami telah mencatat 10 kasus varian Afrika Selatan di Perak, 10 di Kelantan dan 7 di Selangor. Dari varian Inggris, ada 2 kasus lokal di Selangor dan 1 kasus di Sandakan, Sabah," tutur Adham.

Baca juga: Menkes RI: Varian Baru Covid-19 yang Masuk ke Indonesia termasuk Kategori Variant of Concern WHO

Baca juga: Kasus Kematian Harian Covid-19 di India Pecah Rekor Lagi, Pemerintah Pusat Enggan Terapkan Lockdown

Dengan demikian, saat ini Malaysia memiliki 48 infeksi strain Afrika Selatan, yakni B.1.351 dan 8 infeksi dari strain Inggris, B.1.1.7.

"Peningkatan kasus dan kematian baru yang mengejutkan telah membebani sistem kesehatan Malaysia," kata Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah.

"Kelelahan pandemi global adalah salah satu penyebab terjadinya lonjakan kasus baru-baru ini. Orang-orang mulai lelah, sehingga lalai dalam mematuhi protokol kesehatan," lanjutnya.

Noor Hisham juga mengatakan bahwa 70 persen tempat tidur di bangsal kritis Covid-19 di rumah sakit milik pemerintah Malaysia telah terisi.

Halaman
1234
Penulis: Ronna Qurrata Ayun
Editor: Rizki A
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved