Breaking News:

Indonesia Beri Bantuan Penanganan Covid-19 untuk India, Dubes India Apresiasi: Sangat Tepat Waktu

Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bhakti apresiasi bantuan yang diberikan Pemerintah Indonesia untuk penanganan Covid-19 di India

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rizki A
BPMI Setpres
Pelepasan Bantuan Hibah Pemerintah RI kepada India untuk Penanganan Pandemi Covid-19, di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. 

TRIBUNTERNATE.COM - Pemerintah Indonesia memberikan bantuan berupa ratusan unit oksigen konsentrator untuk India yang kini tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Hal tersebut menuai apresiasi dari Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bhakti.

Ia pun menyampaikan apresiasi atas bantuan hibah Pemerintah RI kepada India untuk penanganan pandemi Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan Manoj Kumar Bhakti saat menghadiri pelepasan pengiriman bantuan berupa 200 unit oxygen concentrators pada Rabu (12/05/2021) siang, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono turut hadir dalam acara tersebut sebagai perwakilan dari Pemerintah Indonesia.

“Saya ingin berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas bantuan tepat waktu yang diberikan kepada India, yang saat ini berjuang melawan pandemi ini.”

“Penghargaan juga saya sampai atas koordinasi tepat waktu yang dilakukan oleh semua kementerian, terutama Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian  Kesehatan,” ujar Dubes India.

Bantuan tersebut, kata Manoj, akan diterima oleh Palang Merah India di New Delhi pada Kamis (13/05/2021) waktu setempat.

Baca juga: Varian B.1.617 yang Sebabkan Tsunami Covid-19 India Telah Menyebar ke 44 Negara, Termasuk Indonesia

Baca juga: 4.123 Pemudik Positif Covid-19, Pimpinan DPR Minta Masyarakat Tak Memaksakan Diri: Lihatlah India

Baca juga: Kasus Baru Covid-19 Mingguan di India Pecah Rekor Tertinggi, WHO Peringatkan Ancaman Varian Baru

Dalam pernyataannya, Manoj juga menyampaikan keyakinannya bahwa pandemi ini akan dapat segera diatasi secara bersama-sama.

“Saya yakin bahwa bersama-sama pandemi ini dapat diatasi lebih cepat. Seperti yang dikatakan Menlu RI, selama ada satu negara yang terkena Covid-19, tidak ada negara lain yang aman di dunia yang saat ini sangat terhubung,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dubes India menyampaikan bahwa negaranya saat ini tengah menghadapi beban berat dari gelombang kedua Covid-19.

Gelombang kedua tersebut memberikan tekanan serius terhadap fasilitas kesehatan dan mengakibatkan negaranya kekurangan peralatan medis, khususnya oksigen dan obat-obatan.

Hal ini sangat jauh berbeda dengan keadaan sebelum gelombang kedua Covid-19 menyerang, di mana India mampu memberikan berbagai bantuan obat-obatan dan vaksin Covid-19 kepada negara lain.

“Pada 20 Maret 2021, India telah memasok 60,4 juta dosis vaksin ke 76 negara dengan berbagai skema. India telah memasok vaksin ke negara-negara di Asia Selatan, Afrika, Amerika Selatan, dan Karibia,” ujarnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved