Breaking News:

Lebaran 2021

Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Id Kenegaraan dan Tidak Membuka Masjid pada Lebaran 2021

Masjid Istiqlal menyatakan tidak akan menyelenggarakan salat Idul Fitri 1442 Hijriah secara kenegaraan dan juga tidak membuka masjid.

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rizki A
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi Masjid Istiqlal - Dalam foto: Jamaah memukul bedug untuk menyemarakkan malam takbiran di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (4/6/2019). 

TRIBUNTERNATE.COM - Masjid Istiqlal menyatakan bahwa tidak akan menyelenggarakan salat Idul Fitri 1442 Hijriah secara kenegaraan dan juga tidak membuka masjid untuk masyarakat umum.

Hal tersebut disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar dalam konferensi pers di Masjid Istiqlal, Selasa (11/5/2021).

"Sesuai dengan keputusan dalam rapat, Istiqlal tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri di tahun ini," ujar Nasaruddin Umar, dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (11/5/2021).

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil simulasi serta koordinasi antara KH Nasaruddin Umar dengan Dewan Pengarah Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI).

Dewan Pengarah BPMI sendiri di antaranya beranggotakan Menko PMK Muhajir Effendy, Mensetneg Pratikno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua MUI, KH Miftachul Akhyar.

"Kami juga sudah melakukan simulasi dan koordinasi dengan Dewan Pengarah BPMI, maka keputusan ini kita ambil guna menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat dari penyebaran Covid-19," terang KH Nasaruddin Umar.

Baca juga: Idul Fitri 2021: Tata Cara Salat Id di Rumah, Lengkap dengan Contoh Naskah Khutbah Singkat

Baca juga: Arya Saloka Rela Tak Mudik Lebaran 2021 ke Kampung Halaman Demi Taati Aturan Pemerintah

Imam Besar Masjid Istiqlal KH
Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar (Dok. Istiqlal)

Hal tersebut ditetapkan berdasarkan kesadaran bahwa Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara yang kapasitas ruangnya melebihi 200.000 jamaah.

Meskipun menerapkan protokol kesehatan social distancing dengan kapasitas maksimum 25 persen, Masjid Istiqlal masih bisa menampung ribuan orang.

Untuk itu, Masjid Istiqlal meniadakan salat Idul Fitri 1442 Hijriah karena berpotensi mengumpulkan ribuan jamaah yang nantinya akan menggunakan fasilitas yang sama,

"Mengingat Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara, 10 persennya dari kapasitas masjid bukan jumlah yang sedikit.”

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved