Breaking News:

Penerima Vaksin Dosis Lengkap di Indonesia Baru 10 Persen, Masih Jauh dari Herd Immunity

Wiku Adisasmito mengatakan sudah lebih dari 21 juta orang yang telah menjalani vaksinasi dosis lengkap.

Editor: Rohmana Kurniandari
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 - Dalam foto: Penghuni apartemen mengikuti vaksinasi Covid-19 di Apartemen Gading Mediterania Residence (GMR), Jakarta, Kamis (17/6/2021). Apartemen Gading Mediterania Residence yang dikelola oleh Inner City Management (ICM) menggelar vaksin COVID-19 massal dengan target hingga 1.000 penghuni yang dilakukan selama dua hari. 

TRIBUNTERNATE.COM - Pemerintah terus mempercepat vaksinasi Covid-19 dengan target mencapai herd immunity pada akhir tahun ini.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan sudah lebih dari 21 juta orang yang telah menjalani vaksinasi dosis lengkap.

"Hingga per 3 Agustus 2021, sudah lebih dari 21 juta penduduk Indonesia yang sudah mendapatkan vaksin covid-19 secara lengkap hingga dua dosis.

Capaian ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara masyarakat, tenaga kesehatan, relawan dan berbagai pihak yang berkontribusi di dalamnya," kata Wiku dalam Konferensi pers virtual yang disiarkan Youtube BNPB, Kamis, (5/8/2021).

Wiku mengatakan jumlah tersebut setara dengan 10 persen dari target herd immunity yakni 208 juta orang yang menjalani vaksinasi Covid-19.

Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 - Dlaam foto: Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (11/7/2021). Dalam rangka Ulang Tahun ke-43 AMPI dengan tema
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 - Dlaam foto: Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (11/7/2021). Dalam rangka Ulang Tahun ke-43 AMPI dengan tema "Kolaborasi Tangguh, Indonesia Bangkit", DPP AMPI menyelenggarakan kegiatan vaksinasi massal yang berharap kegiatan ini membantu Indonesia bangkit dari pandemi di semua sektor. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Karenanya pemerintah terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi di Indonesia. Termasuk dengan memastikan stok vaksin tersedia," katanya.

Wiku mengatakan pemerintah menargetkan 2 juta vaksinasi per hari pada bulan ini agar target herd immunity tercapai.

Berbagai upaya telah dilakukan salah satunya dengan mengeluarkan surat edaran terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat rentan dan masyarakat lainnya yang belum memiliki nomor induk kependudukan atau NIK.

"Terkait surat edaran ini, maka dinas kesehatan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota diminta untuk segera melakukan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah terkait dalam rangka pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat rentan seperti kelompok penyandang disabilitas, masyarakat adat, penghuni lembaga pemasyarakatan, penyandang masalah kesejahteraan sosial, dan pekerja migran Indoensia bermasalah serta masyarakat lainnya yang belum memiliki NIK," pungkasnya.

(Tribunnews/Taufik Ismail)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Masih Jauh dari Herd Immunity, Penerima Vaksin Dosis Lengkap di Indonesia Baru 10 Persen

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved