Breaking News:

Virus Corona

Kasus Aktif Covid-19 hingga BOR RS Nasional Turun Signifikan, Jokowi: Jangan Disalahartikan, Bahaya

Angka kasus harian Covid-19, kasus aktif, hingga BOR RS Nasional turun signifikan, pemerintah justru perpanjang PPKM. Ternyata ini alasannya..

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rizki A
TRIBUNNEWS/HO/Biro Pers
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingatkan penurunan kasus Covid-19 tidak disalahartikan - Dalam foto: Presiden Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Sentra Vaksinasi Covid-19 Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (9/6/2021). 

TRIBUNTERNATE.COM - Pada Senin (6/9/2021), pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang dimulai sejak 7 hingga 13 September 2021 mendatang.

Meskipun belakangan angka kasus Covid-19 telah menurun, PPKM terus diterapkan oleh pemerintah agar penyebaran Covid-19 dapat terus ditekan.

Hal tersebut juga dijelaskan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin Rapat Terbatas Evaluasi PPKM pada Senin (6/9/2021).

Menurut Jokowi, virus corona tidak akan pernah hilang sepenuhnya dari Bumi, tetapi dapat dikendalikan.

"Kita semuanya bersama-sama harus menyampaikan kepada masyarakat, kepada rakyat, bahwa yang namanya Covid-19 ini tidak mungkin hilang secara total, yang bisa kita (lakukan) adalah mengendalikan," tutur Jokowi dalam Ratas Evaluasi PPKM, (6/9/2021).

Pemahaman bahwa Covid-19 tidak akan pernah hilang, kata Jokowi, merupakan poin penting yang harus disadari oleh seluruh masyarakat.

Sebab, dari pemahaman tersebut, maka masyarakat tidak perlu merasakan euforia yang berlebihan, yang bisa menyebabkan terjadinya kelengahan terhadap penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, hal tersebut sudah pernah terbukti pada saat Covid-19 varian Delta mulai mendominasi wilayah pulau Jawa dan Bali pada Juli 2021 lalu.

Baca juga: Diperpanjang Lagi, Ini Daftar Wilayah PPKM Level 2, 3, dan 4 Jawa-Bali Periode 7-13 September 2021

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Rendah, 9 Daerah Disorot oleh Jokowi, Ada Aceh hingga Papua

Pernyataan Presiden Joko Widodo terkait Perkembangan Terkini PPKM, disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).
Pernyataan Presiden Joko Widodo terkait Perkembangan Terkini PPKM, disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021). (Youtube/Sekretariat Presiden)

Sikap lengah lah yang membuat penyebaran kasus Covid-19 menjadi sangat tinggi, bahkan sebagian besar fasilitas kesehatan hampir kolaps.

Untuk itu, Jokowi meminta agar perbaikan angka kasus Covid-19 yang terjadi saat ini tidak ditanggapi secara berlebihan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved