Breaking News:

Indonesia Terima Vaksin Covid-19 Janssen untuk Pertama Kalinya, Hanya Perlu 1 Kali Suntikan

Vaksin Janssen akan digunakan oleh masyarakat kelompok usia 18 tahun ke atas dengan satu dosis suntikan sebanyak 0,5 mL secara intarmuscular.

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rohmana Kurniandari
AFP/PATRICK T. FALLON
Indonesia terima 500 ribu dosis vaksin Covid-19 Janssen dari pemerintah Belanda, Sabtu (11/9/2021). 

TRIBUNTERNATE.COM - Untuk pertama kalinya, Indonesia menerima vaksin Covid-19 Janssen yang diproduksi oleh Johnson & Johnson pada Sabtu (11/9/2021).

Vaksin tersebut diterima oleh Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Vaksin Covid-19 Janssen ini merupakan pemberian dari pemerintah Belanda kepada pemerintah Indonesia.

Jumlah vaksin Covid-19 Janssen yang diberikan ada sebanyak 500 ribu dosis.

"Indonesia menerima untuk pertama kalinya vaksin Johnson sebanyak 500 ribu dosis dari pemerintah Belanda," kata Retno Marsudi, dikutip dari keterangan persnya, Sabtu (11/9/2021).

Retno mengatakan, kedatangan vaksin Covid-19 Janssen ini merupakan bagian dari kerja sama pemerintah Belanda dengan Indonesia.

"Ini adalah kedatangan dukungan kerja sama Belanda yang ketiga kalinya."

"Sebelumnya, Indonesia telah menerima 657 ribu dosis vaksin AstraZeneca dari Belanda sebagai bagian dari komitmen dose-sharing dari Belanda (sebanyak) 3 juta dosis," terang Retno Marsudi.

Jarum suntik vaksin Johnson and Johnson, Janssen Covid-19 dipajang di klinik vaksinasi Departemen Pemadam Kebakaran Kota Culver di California.
Jarum suntik vaksin Johnson and Johnson, Janssen Covid-19 dipajang di klinik vaksinasi Departemen Pemadam Kebakaran Kota Culver di California. (AFP/PATRICK T. FALLON)

Baca juga: Wafat 9 Hari Usai Unggah Video, TikToker Ini Menyesal Menunda Vaksin: Seharusnya Aku Tidak Menunggu

Baca juga: Pakar Kesehatan: Orang yang Divaksin 10 Kali Lebih Kecil Kemungkinan Dirawat di RS jika Kena Covid

Seperti diketahui, vaksin Covid-19 Janssen telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 7 September 2021 lalu.

"Vaksin Janssen telah memperoleh izin penggunaan darurat atau EUA dari Badan POM pada tanggal 7 September lalu," ucap Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Herbuwono, dalam keterangan pers kedatangan vaksin Covid-19, Sabtu (11/9/2021).

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved