Breaking News:

Telah Berikan Vaksin Covid-19 Booster pada Agustus, Israel Mulai Persiapkan Stok untuk Dosis Keempat

Israel sedang mempersiapkan untuk memastikan negaranya memiliki pasokan vaksin yang cukup jika diperlukan suntikan vaksin Covid-19 booster keempat.

HANDOUT / RUSSIAN DIRECT INVESTMENT FUND / AFP
Ilustrasi vaksin - Israel sedang mempersiapkan untuk memastikan negaranya memiliki pasokan vaksin yang cukup jika diperlukan suntikan vaksin Covid-19 booster keempat. 

TRIBUNTERNATE.COM - Israel sedang mempersiapkan untuk memastikan negaranya memiliki pasokan vaksin yang cukup jika diperlukan suntikan vaksin Covid-19 booster keempat.

Hal ini dinyatakan oleh Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Israel, Nachman Ash dalam sebuah wawancara, Minggu (12/9/2021).

"Kami tidak tahu kapan itu akan terjadi, tetapi saya sangat berharap itu tidak akan diperlukan dalam enam bulan ke depan, seperti kali ini, dan dosis ketiga akan bertahan lebih lama," kata Ash seperti dikutip dari The Strait Times.

Israel, yang sebagian besar menggunakan vaksin Pfizer Inc-BioNTech SE, sejauh ini telah memvaksinasi sekitar 2,8 juta penduduknya dengan dosis ketiga.

Israel telah memulai upaya pemberian suntikan booster sejak bulan Agustus lalu.

Pejabat kesehatan setempat mengatakan efek dari vaksin Covid-19 awal melemah lima bulan setelah penyuntikan sehingga diperlukan booster.

AS dan Inggris juga berencana untuk mulai mengupayakan suntikan booster akhir bulan ini, sementara Eropa juga mempertimbangkan pemberian dosis ketiga.

Kebijakan negara-negara itu memutuskan pemberian suntikan booster, terjadi saat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memohon penundaan untuk suntikan ketiga.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa pemberian suntikan booster setidaknya perlu menunggu sampai akhir tahun ini, sehingga negara-negara miskin bisa mendapatkan akses yang lebih baik terhadap vaksin.

Baca juga: CDC: Orang yang Tidak Divaksin 11 Kali Lebih Mungkin Meninggal karena Covid-19

Baca juga: Ini 9 Vaksin Covid-19 yang Penggunaannya Diizinkan BPOM, Pemerintah Pastikan Semua Vaksin Aman

Baca juga: Indonesia Terima Vaksin Covid-19 Janssen untuk Pertama Kalinya, Hanya Perlu 1 Kali Suntikan

Laporan baru dari WHO menegaskan bahwa infeksi HIV merupakan faktor signifikan yang dapat menyebabkan risiko Covid-19 yang parah/kritis hingga dapat menyebabkan kematian.
Laporan baru dari WHO menegaskan bahwa infeksi HIV merupakan faktor signifikan yang dapat menyebabkan risiko Covid-19 yang parah/kritis hingga dapat menyebabkan kematian. (Freepik)

Selain penduduk yang telah menerima suntikan booster, sekitar 2,7 juta dari tujuh juta orang Israel telah mendapatkan dua suntikan vaksin Covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved