Breaking News:

Arab Saudi Kembali Buka Ibadah Umrah, HNW: Kalau Bisa Jokowi Komunikasi Langsung dengan Raja Salman

Legislator PKS Hidayat Nur Wahid meminta pemerintah Indonesia untuk terus menjalin komunikasi secara intens dengan Arab Saudi.

Editor: Rizki A
Sky News
ILUSTRASI Jemaah yang sedang melaksanakan ibadah haji di tengah pandemi Covid-19. Legislator PKS Hidayat Nur Wahid meminta pemerintah Indonesia untuk terus menjalin komunikasi secara intens dengan Arab Saudi. 

TRIBUNTERNATE.COM - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, Arab Saudi telah kembali membuka pintu untuk ibadah umrah.

Terkait hal ini, pemerintah Indonesia diminta untuk terus menjalin komunikasi secara intens dengan Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan oleh legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid.

"Memang sebagaimana kita ketahui pengambilan keputusan itu adanya di Saudi Arabia, di kementerian haji dan di atasnya lagi tentunya adalah Raja" kata HNW, sapaan karibnya, dalam diskusi bertajuk 'Arab Saudi Sudah Izinkan Umrah, Kenapa Indonesia Belum?' di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Baca juga: Kemenkes Terbitkan Aturan Baru soal Vaksinasi, Penyintas Covid-19 Bisa Divaksin Sebulan Usai Sembuh

Baca juga: Jokowi Belum Juga Bersikap Soal Nasib 58 Pegawai KPK, Eks Pimpinan KPK: Sayang Presiden Hanya Diam

Baca juga: Interupsi Rapat Paripurna Interpelasi Formula E, Tina Toon Marah: Balapan Nggak Bikin Kenyang

Dia yakin semua fraksi di Komisi VIII DPR akan mendung upaya yang lebih maksimal dari pemerintah untuk bisa memperjuangkan aspirasi umat Islam soal ibadah umrah

"Dalam konteks ini tidak hanya cukup dengan kedutaannya, tetapi langsung dengan antar menteri atau bahkan Presiden Jokowi kami mengusulkan agar bisa berkomunikasi langsung dengan pihak Raja Salman," katanya.

Menurutnya, komunikasi di tataran elite pemerintahan soal umrah ini menjadi penting karena sejumlah hal.

"Saudi Arabia memang sudah membuka umrah tetapi dengan pengetatan-pengetatan dan juga dengan persyaratan. ada 4 negara yang dikenal sebagai pengirim umroh yang terbesar sedunia yaitu Turki, India, Mesir dan Indonesia," katanya

"Keempat negara ini belum diizinkan untuk pengiriman umrahnya, padahal keempat negara ini adalah pengirim jamah umrah terbesar," tambahnya.

Jika tolok ukurnya karena vaksinasi, HNW mengatakan bahwa capaian persentase vaksinasi di Indonesia lebih tinggi daripada India dan Mesir.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved