Breaking News:

Virus Corona

Menkes Sebut Indonesia Sudah Miliki Kekebalan Covid-19, Kemenkes Siapkan Survei Antibodi

Budi Gunadi Sadikin menyatakan Kemenkes dan Kemendagri kini sedang menyiapkan serosurvey atau survei antibodi atau kekebalan masyarakat Indonesia.

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rizki A
ist
Menkes sebut masyarakat Indonesia sudah miliki kekebalan terhadap Covid-19, kini pihaknya sedang mempersiapkan survei antibodi. 

TRIBUNTERNATE.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, menyebut bahwa sebagian besar rakyat Indonesia sudah memiliki kekebalan terhadap Covid-19.

Hal tersebut ditandai dengan adanya penurunan kasus Covid-19 di Indonesia yang terjadi dalam beberapa minggu belakangan.

Untuk membuktikannya, Menkes Budi Gunadi pun saat ini tengah menyiapkan serosurvey atau survei antibodi masyarakat Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan oleh Budi Gunadi dalam Konferensi Pers PPKM di kanal YouTube Sekretariat Presiden yang tayang pada Senin (11/10/2021).

"Update sedikit mengenai serosurvey, jadi melihat bahwa kasus di Indonesia turun dengan sangat drastis, salah satu penjelasan ilmiahnya adalah karena banyak rakyat Indonesia yang sudah memiliki kekebalan," tutur Menkes.

"Baik itu [kekebalan] secara buatan manusia melalui vaksin, ataupun alamiah karena sembuh dari sakit," imbuhnya.

Budi Gunadi Sadikin menyebut, survei antibodi ini akan dilakukan dengan 21.880 sampel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin (26/7/2021).
Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin (26/7/2021). (YouTube/Sekretariat Presiden)

"Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri sudah menyiapkan seroprevalence survey untuk 21.880 sampel di 34 provinsi di seluruh Indonesia di 100 kabupaten dan kota," kata Budi Gunadi.

Menkes mengatakan, survei antibodi ini ditargetkan akan selesai pada pertengahan Desember 2021 mendatang.

Hasil dari survei antibodi ini nantinya bisa digunakan untuk melihat gambaran lengkap mengenai kondisi kekebalan rakyat Indonesia terhadap Covid-19.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved