Breaking News:

Pembelian Tiket Kereta Api Wajib Pakai NIK, Berlaku Mulai 26 Oktober 2021, Ini Ketentuan Lengkapnya

Pembelian tiket kereta api wajib menggunakan Nomor Induk Kependudukan atau NIK bagi WNI. Sementara untuk WNA, harus menggunakan nomor paspor. 

Tribunnews/Herudin
Pembelian tiket kereta api wajib pakai NIK 

TRIBUNTERNATE.COM - PT KAI memperlakukan aturan baru untuk para penumpang.

Kini, pembelian tiket kereta api wajib menggunakan Nomor Induk Kependudukan atau NIK bagi WNI. 

Sementara untuk WNA, harus menggunakan nomor paspor. 

Hal itu berlaku mulai 26 Oktober 2021 mendatang. 

Pelanggan yang telah terdaftar pada program Membership, namun belum menggunakan NIK sebagai nomor identitas, bisa melakukan update data melalui customer service di stasiun atau melalui WhatsApp Contact Center 121 di nomor: 08111-2111-121, mulai 15 Oktober 2021.

Pembelian tiket kereta api tidak bisa dilakukan, jika format ID tidak sama dengan NIK atau nomor paspor.

Ketentuan ini bertujuan untuk mengintegrasikan data di aplikasi PeduliLindungi, seperti status vaksin dan tes skrining (RT-PCR/rapid test antigen) dengan sistem boarding KAI. Sehingga, perjalananmu naik kereta api akan semakin tenang, nyaman dan aman.

Ilustrasi Kereta Api - Penumpang menunggu keberangkatan di atas kereta api jarak jauh di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (10/7/2020). PT KAI kembali mengoperasikan Stasiun Gambir guna melayani penumpang kereta jarak jauh dengan enam keberangkatan. Suasana Stasiun Gambir yang setelah beberapa waktu lalu tampak sepi kini mulai terlihat ramai kembali.
Ilustrasi Kereta Api - Penumpang menunggu keberangkatan di atas kereta api jarak jauh di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (10/7/2020). PT KAI kembali mengoperasikan Stasiun Gambir guna melayani penumpang kereta jarak jauh dengan enam keberangkatan. Suasana Stasiun Gambir yang setelah beberapa waktu lalu tampak sepi kini mulai terlihat ramai kembali. (Tribunnews/Jeprima)

Ketentuan kewajiban menggunakan NIK untuk pembelian tiket kereta api

Dikutip dari akun Instagram resmi KAI, berikut ketentuan kewajiban menggunakan NIK untuk pembelian tiket kereta api:

  • WNI (Warga Negara Indonesia) dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) termasuk infant.
  • WNA (Warga Negara Asing) dengan nomor identitas yang ada di paspor.
    Penumpang kereta api yang sudah terdaftar pada program Membership, akan tetapi data nomor identitas belum menggunakan NIK maka wajib melakukan update data di Customer Service atau WhatsApp Contact Center 121 di nomor 081112111121 mulai tanggal 15 Oktober 2021.
  • Penumpang atas hak reduksi yang belum terdaftar selain melengkapi data yang dipersyaratkan juga wajib menginfokan NIK.
  • Mulai tanggal 26 Oktober 2021, update data NIK dapat dilakukan di loket stasiun, aplikasi KAI Access, Customer Service atau WhatsApp Contact Center 121 di nomor 081112111121.
  • Pembelian tiket tidak dapat dilanjutkan jika format ID tidak sama dengan NIK atau nomor identitas yang ada di paspor.
  • Ketentuan ini bertujuan untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan pada saat penumpang melakukan boarding, dikarenakan data vaksin, pemeriksaan PCR/antigen yang terintegrasi di aplikasi Peduli Lindungi sudah terekam dan dapat dilihat oleh petugas boarding.

Artikel ini telah di Kontan dengan judul Per 26 Oktober 2021 beli tiket kereta api wajib pakai NIK, ini ketentuan lengkapnya

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved