Gunung Semeru Meletus

Khofifah Bagikan Penampakan Desa Korban Erupsi Semeru, 16 Rumah & Mobil Tertimbun Guguran Awan Panas

Gubernur Jatim Khofifah bagikan penampakan erupsi Gunung Semeru di akun instagramnya @khofifah.ip, Minggu (5/12/2021).

Instagram/khofifah.ip
Gubernur Jawa Timur, Khofifah, membagikan penampakan guguran awan panas yang menimbun rumah-rumah dan kendaraan bermotor milik warga di akun instagramnya @khofifah.ip, Minggu (5/12/2021). 

TRIBUNTERNATE.COM - Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.20 WIB.

Saat itu Gunung Semeru menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik dengan terjadinya guguran awan panas yang mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Berdasarkan data sementara, hingga saat ini terdapat 13 korban meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka akibat erupsi tersebut.

Selain itu, guguran awan panas juga menghancurkan barang-barang milik warga seperti rumah dan kendaraan bermotor.

Seperti informasi yang dibagikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Kampung Renteng, Desa Sumber Wulu Kecamatan Candi Puro Lumajang, terdapat 16 rumah tertimbun guguran awan panas.

Selain itu, ada pula mobil-mobil milik warga yang ikut tertimbun.

"Ini suasana di Kampung Renteng, desa Sumber Wulu Kec.Candi Puro Lumajang. Ada 16 rumah tertimbun awan panas guguran (APG)," tulis Khofifah dalam keterangan unggahannya di akun instagram @khofifah.ip, Minggu (5/12/2021).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah, membagikan penampakan guguran awan panas yang menimbun rumah-rumah dan kendaraan bermotor milik warga.
Gubernur Jawa Timur, Khofifah, membagikan penampakan guguran awan panas yang menimbun rumah-rumah dan kendaraan bermotor milik warga. (Instagram/khofifah.ip)
Gubernur Jawa Timur, Khofifah, membagikan penampakan guguran awan panas yang menimbun rumah-rumah dan kendaraan bermotor milik warga.
Gubernur Jawa Timur, Khofifah, membagikan penampakan guguran awan panas yang menimbun rumah-rumah dan kendaraan bermotor milik warga. (Instagram/khofifah.ip)

Baca juga: Update Erupsi Gunung Semeru: 13 Warga Meninggal Dunia, Ada Korban Luka Bakar Akibat Lahar Panas

Baca juga: BNPB: Beberapa Lokasi di Sekitar Gunung Semeru Masih Gelap akibat Tertutup Kabut Abu Vulkanik

Menurut Khofifah, pada saat itu guguran awan panas bergerak sangat cepat, sehingga mobil yang sedang melakukan evakuasi pun tertimbun olehnya.

"Pada dasarnya early warning system berjalan dan jalur evakuasi. Tetapi APG sangat cepat, evakuasi saat yang sama sangat padat sehingga ada mobil yang tertimbun," terang Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga menerangkan, pada saat ia mengunjungi tempat kejadian, ada satu orang warga yang sedang dievakuasi dari timbunan guguran awan panas.

"Ada 16 rumah tertimbun saat ini ada satu warga yang sedang proses evakuasi," tulisnya.

"Mohon do'a dan gotong royong semuanya. Semoga kita bisa menangani dengan cepat."

Update Erupsi Gunung Semeru: 13 Warga Meninggal Dunia

Berikut update jumlah korban erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sekira pukul 15.00 WIB. 

Berdasar data sementara, 13 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka akibat erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved