Breaking News:

Ratusan Ribu Warga Maluku Utara Belum Terdaftar di Dukcapil

BPS Maluku Utara mencatat ada ribuan warga Maluku Utara yang belum terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Maluku Utara.

Penulis: Randi Basri | Editor: Ronna Qurrata Ayun
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
ILUSTRASI Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). 

TRIBUNTERNATE.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Utara mencatat ada ribuan warga Maluku Utara yang belum terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Maluku Utara.

Dikutip dari laman resmi BPS Maluku Utara, berdasarkan hasil Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 tercatat 1,28 juta jiwa penduduk di Provinsi Maluku Utara.

Dari jumlah tersebut naik sebesar 89,79 persen atau sekitar 1,15 juta jiwa di Maluku Utara yang sudah berdomisili sesuai dengan Kartu Keluarga (KK).

Sementara untuk data sensus penduduk 2020, ada sekitar 131 ribu jiwa atau sebesar 10,21 persen masyarakat di Maluku Utara belum berdomisili atau tidak sesuai dengan KK.

"Data ini berdasarkan data sensus penduduk, kesesuaian alamat domisili, dan KK di Maluku Utara tahun 2020," ucap Kepala BPS Malut Aidil Adha dalam rillisnya yang diterima TribunTernate.com, Sabtu (8/1/2022).

Dia menyatakan, untuk jumlah 131 ribu jiwa di Malut yang belum berdomisili tersebut dikarenakan ada beberapa faktor, sehingga belum terdaftar tetap dalam KK.

"Jumlah Ini dikarenakan mengindikasikan banyaknya penduduk yang bermigrasi dari wilayah tempat tinggal sebelumnya, karena sekarang sudah tidak tinggal pada alamat yang tercatat pada KK," tandasnya.

Baca juga: BPS Catat Penduduk Maluku Utara Alami Peningkatan Mencapai 1,28 Juta Jiwa di Tahun 2020

Baca juga: Ini Keinginan Maskapai Sriwijaya Air Ternate di Tahun 2022

Baca juga: BPS Klaim Tingkat Hunian Kamar Hotel di Maluku Utara Meningkat pada November 2021

(TribunTernate.com/Randi Basri)

Sumber: Tribun Ternate
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved