Breaking News:

Kejari  Negeri Ternate Dapat Penghargaan Dari Kejagung RI

Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate dapat penghargaan peringkat terbaik II se-Indonesia dari Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia.

Penulis: Yasim Mujair | Editor: Rizki A
Istimewa
Piagam Penghargaan dari Kejaksaan Agung (Kejagung RI) untuk Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate, Maluku Utara. 

TRIBUNTERNATE.COM - Terapkan Restorative Justice, Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate dapat penghargaan peringkat terbaik II se-Indonesia dari Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kejari Ternate, Jefri Huwae, melalui Kasi Pidana Umum (Pidum) Kadek Agus mengatakan, "Di tahun 2021 kemarin, kita khususnya di bidang Pidum mendapatkan penghargaan peringkat terbaik ke II di seluruh Indonesia untuk kejaksaan negeri tipe A yang telah berhasil melaksanakan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan Restorative Justice."

"Jadi, di tahun 2021 itu, kita sudah melakukan penghentian perkara berdasarkan RJ sebayak 5 perkara," kata Kadek kepada TribunTernate.com,Jumat (14/1/2022).

Kadek menambahkan, kelima perkara tersebut terdiri atas dua perkara merupakan penganiayan, dua kasus KDRT, dan satu lagi perkara lagi perlindungan anak terkait dengan fisik atau penelantaran.

"Jadi, RJ ini kita lakukan sesuai dengan pedoman Jaksa Agung nomor 15 tahun 2020 terkait dengan tuntutan berdasarkan keadilan Restorative Justice," jelasnya.

Kendati demikian, penghentian tuntutan itu dengan tiga syarat utama yaitu pelaku adalah pemula yang artinya pelaku tidak pernah melakukan kejahatan sebelumnya atau dimaksud residivis, nilai kerugian tidak lebih dari Rp2,5 juta, dan ancaman pidana di bawah 5 tahun penjara.

Ia menambahkan, pada intinya ke depan akan diusahakan terus untuk menerapkan pedoman dari Kejagung RI, karena fokus pada keadilan masyarakat, menangani perkara dengan hati nurani.

"Jadi apabila di kemudian hari ada di dalam tahap II ternyata dari pihak korban, telah saling memaafkan untuk perkara, maka kita akan lakukan proses RJ tersebut,"pungkasnya.

(TribunTernate.com/Yasim Mujair)

 
 

Sumber: Tribun Ternate
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved