WADA Resmi Cabut Sanksi pada Indonesia, Bendera Merah Putih Dapat Kembali Berkibar

WADA Resmi Cabut Sanksi Kepada Indonesia: Bendera Merah Putih Bisa Kembali Berkibar di Event-event Olahraga Internasional.

Editor: Rizki A
wada-ama.org
Logo WADA 

TRIBUNTERNATE.COM Badan Anti-Doping Dunia (WADA) telah mencabut sanksi yang dijatuhkan kepada Lembaga Anti-doping Indonesia (LADI).

Hal ini disampaikan oleh Ketua tim Satgas percepatan pencabutan sanksi WADA, Raja Sapta Oktohari.

Okto pun menjelaskan latar belakang di balik pencabutan sanksi yang dijatuhkan oleh WADA pada 7 Oktober 2021 tersebut.

WADA mencabut sanksi karena pihak LADI telah memenuhi persyaratan atau kekurangan yang membuat WADA menjatuhkan sanksi.

Pencabutan hukuman dilakukan pada 2 Februari 2022 di Kantor WADA yang berada di Montreal, Kanada.

Badan Anti Doping Dunia (WADA) tengah me-review kinerja Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) dalam menyelesaikan pending matters.
Badan Anti Doping Dunia (WADA) tengah me-review kinerja Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) dalam menyelesaikan pending matters. (Dok. NOC Indonesia)

Seperti diketahui, sebelumnya Indonesia mendapatkan sanksi dari WADA antara lain tidak boleh mengibarkan bendera merah putih di ajang olahraga internasional, tidak boleh mengumandangkan lagu Indonesia, tidak boleh menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional dan tidak boleh menduduki posisi di lembaga olahraga internasional,

“Berdasarkan rekomendasi dari complain unit tersebut, komite eksekutif WADA pada tanggal 2 Februari waktu lokal di Montreal telah mengumumkan bahwasanya LADI pada umumnya  telah dianggap complain mematuhi WADA sehingga ancaman sanksi yang semula satu tahun berkurang drastis hanya menjadi  3 bulan setengah dan dalam kesempatan ini kami laporkan bendera merah putih sudah bisa berkibar di ajang-ajang  internasional,” kata Okto dalam acara pengumuman resmi keputusan pencabutan sanksi WADA di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (4/2/2022).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC) pun berharap kejadian ini menjadi pembelajaran agar kedepan Indonesia melalui LADI tidak menganggap remeh mengenai anti-doping.

“Kita semua berharap sanksi itu tidak terulang kembali dan membuat kita semua lebih hati-hati dan tetap mematuhi aturan internasional . Ini adalah suatu bukti bahwa tata kelola olahraga Indonesia tidak terlepas dari tata kelola olahraga di dunia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Okto menyampaikan setelah ini WADA bakal terus memantau perkembangan LADI agar tak lagi melakukan kesalahan yang membuat WADA kembali menjatuhkan sanksi.

Bahkan setelah ini LADI akan berubah nama dan pengurusnya diharapkan bisa bekerja lebih profesional dan transparans sehingga tak hanya berguna bagi Indonesia tapi ke depan juga bisa membantu negara-negara lain.

“Dari informasi yang kami dapatkan 3 bulan kedepan WADA akan tinjau ulang perkembangan dari LADI sehingga ini langkah awal kita merah putih boleh berkibar lagi tapi kalau tidak hati-hati kita bisa mendapatkan situasi yang sama. Jadi pelajaran ini saya dorong untuk jadi lebih baik lagi dan kami percaya pembentukan LADI baru ini kedepan bukan hanya untuk Indonesia tapi bisa berkontribusi buat dunia,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul WADA Resmi Cabut Sanksi Buat Indonesia: Bendera Merah Putih Bisa Kembali Berkibar

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved