Bantuan ke Imam Masjid/Mushola Berkurang, Wajib Zakat Diminta Bayar Zakat Lewat Baznas Ternate

Ketua Baznas Ternate menjelaskan bantuan untuk Imam Mushola/masjid berkurang karena dibagi ke asnaf yang lain. Wajib zakat diimbau agar bayar zakat.

Tribunternate.com/Yunita Kaunar.
Baznas Ternate menyerahkan bantuan dilakukan secara langsung oleh pimpinan Baznas Kota Ternate, salah satu mesjid yakni Masjid Khairil Jamaah Kayu Merah, Rabu (29/6/2022). Bantuan bulan ini berkurang. Baznas meminta agar wajib zakat bayar zakat lewat Baznas Ternate. 

TRIBUNTERNATE.COM - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate Drs. H. Adam Ma’rus, menjelaskan bantuan dalam bentuk uang kepada imam, badan syara'a, pengurus masjid dan mushola di wilayah Kota Ternate bulan ini mengalami pengurangan.

Untuk itu, Adam Ma'rus meminta kepada masyarakat Ternate yang masuk dalam kategori wajib bayar zakat agar rutin membayar zakat melalui Baznas.

"Kami berharap para pejabat, pengusaha, kelompok profesional, paguyuban warga perantau dan masyarakat Kota Ternate agar menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya melalui Baznas Kota Ternate, agar semakin banyak orang kurang mampu yang bisa disentuh dan ditingkatkan kesejahteraannya," kata Adam Ma'rus.

Menunaikan zakat bagi yang mampu adalah salah satu kewajiban yang harus ditunaikan sebagai seorang muslim yang beriman.  

Imbaun bayar zakat ini disampaikan Ketua Baznas Ternate saat penyerahan bantuan secara langsung yang dilaksanakan di tiga lokasi, yakni Masjid Khairil Jamaah Kayu Merah, Masjid An Nur Sigi Cim Makassar Timur dan Masjid Nurul Huda Tabam.

Ketua Baznas Kota Ternate juga menjelaskan, bantuan kali ini mengalami penurunan karena harus menyesuaikan dengan bantuan untuk kelompok penerima bantuan lainnya, seperti fakir, miskin dan lain-lain.

Adam Ma'rus berharap tahun depan bisa ada peningkatan, sebagai upaya untuk mensejahterakan para imam dan pengurus masjid mushola.

"Kita harus bijak untuk menghitung angka-angka ini, karena ada 8 golongan yang harus kita bantu. Imam, badan syara'a dan pengurus masjid mushola ini hanya satu golongan saja," ujar mantan Kepala Kementerian Agama Kota Ternate itu.

Menurutnya, Baznas Kota Ternate terus menggenjot kegiatan pengumpulan zakat, infak dan sedekah, agar semakin banyak warga yang bisa dibantu dari hasil penghimpunan dana ini.

Total bantuan yang diserahkan kemarin sebanyak Rp. 154.750.000, dengan jumlah penerima sebanyak 619 orang.

Selain itu Baznas Kota Ternate juga telah membayar iuran BPJS untuk jaminan kecelakaan dan kematian bagi 976 imam, badan syara'a dan pengurus masjid dalam Kota Ternate, dengan nilai total sekitar 120 juta.

Khusus untuk bantuan uang memang mengalami penurunan dari jumlah penerima pada bulan April 2022 lalu sebanyak 900-an orang.

Karena itu tahun depan Baznas Kota Ternate berencana akan meningkatkan jumlah penerima bantuan dan nilai bantuan per orang. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved