Empat Daerah di Maluku Utara Rawan Bencana, Kemensos RI Tetapkan Lumbung Logistik

Empat daerah dapat bantuan lumbung logistik di Provinsi Maluku Utara. Yaitu, Kabupaten Pulau Morotai, Kepulauan Sula, Kota Tidore dan Halmahera Barat.

Penulis: Fizri Nurdin | Editor: Mufrid Tawary
Tribunternate.com/Fizrin Nurdin
Penyaluran logistik di Kabupaten Pulau Morotai, dari Kementerian Sosial RI, Kamis (14/07/2022). Kabupaten Pulau Morotai satu dari empat daerah yang dapat program lumbung logistik di Provinsi Maluku Utara. 

TRIBUNTERNATE.COM- Sebanyak empat daerah dapat bantuan lumbung logistik di Provinsi Maluku Utara.

Yaitu, Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Kepulauan Sula, Kota Tidore Kepulauan serta Kabupaten Halmahera Barat.

Bantuan lumbung logistik dari Kemensos RI ini bertujuan untuk mendekatkan bantuan logistik secara langsung kepada masyarakat saat terjadi kondisi darurat akibat bencana alam.

"Jadi kalau terjadi bencana maka langsung di distribusi ke masyarakat tanpa menunggu bantuan dari Pemerintah Daerah. karena pertimbangannya soal akses jarak tempuh ke lokasi yang terdampak bencana,"jelas salah satu Staf Direktorat Jenderal Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Tatan, Kamis (14/07/2022).

Baca juga: Masuk Kategori Daerah Rawan Bencana, Pulau Morotai Dapat Bantuan Lumbung Logistik dari Kemensos RI

Program lumbung logistik menurut Tatang baru dimulai tahun ini di seluruh Indonesia.

Lumbung logistik sendiri adalah sebuah program yang rutin berjalan setiap tahunnya.

Dengan program ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat ketika terdampak bencana alam.

"Tentu program ini menunjukan kalau pemerintah pusat punya perhatian kepada seluruh masyarakat, salah satunya di kabupaten Pulau Morotai,"imbuhnya.

Nah, untuk hal-hal teknis lanjutan dari program ini tatang menjelaskan,jika kemudian hari bahan logistiknya habis maka Pemerintah Daerah bisa melakukan permohonan kembali.

"Jadi kalau logistik habis ajukan kembali melalui Pemerintah Provinsi. Nah dari situ baru diajukan permohonan ke Kemensos,"jelasnya.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Halmahera Barat, Maluku Utara Hari Ini Kamis 14 Juli 2022: Hujan Lebat di Sore Hari

Sementara itu, Kepada Dinas Sosial Kabupaten Pulau Morotai, Alfatah Sibua menambahkan, bantuan ini bukan hanya dikhususkan kepada daerah-daerah lumbung logistik namun pada saat terjadi bencana di wilayah lain bisa juga diberikan.

"Bantuan logistik itu juga akan didistribusi ke wilayah lain, ketika terjadi bencana,"katanya.

Adapun, bantuan ini juga Alfatah Sibua menyampaikan akan ditampung di kantor Kecamatan sambil menunggu ada bangunan penyimpanan.

"Untuk saat ini seluruh bantuan logistik ditampung di Kantor Camat. Sambil menunggu bangunan yang nantinya disiapkan pemerintah. Yang jelas, Dinas Sosial tetap melakukan pengawasan bantuan logistik tersebut,"tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved