Wisata Morotai

Miliki Keindahan Pantai dan Terumbu Karang, Pulau Kolorai di Morotai Akan Dijadikan Desa Wisata

Pulau Kolorai di Kabupaten Pulau Morotai miliki keindahan pantai dan terumbu karang yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata dan Desa Wisata

Istimewa (Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai)
Pulau Kolorai Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai salah satu pulau di Morotai yang memiliki keindahan pantai dan terumbu karang yang indah, Kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, Kalbi Rasyid kepada Tribunterante.com mengatakan, Pulau tersebut akan dijadikan Desa Wisata Morotai, Jumat (29/7/2022) (Dok: Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai) 

TRIBUNTERNATE.COM - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Kalbi Rasyid mengatakan Pulau Kolorai Kecamatan Morotai Selatan akan masuk sebagai Desa Wisata.

Pulau Kolorai sangat cocok dijadikan Desa Wisata karena memiliki keindahan terumbu karang yang bisa jadi nilai jual menarik bagi wisatawan. Pulau ini bisa jadi daya tarik untuk pengembangan Wisata Morotai selain yang sudah ada. 

Dijelaskannya saat ini memang konsen dinas pariwisata kabupaten pulau Morotai, dimana pulau Kolorai itu sebagai desa wisata, Kalbi menyebut Pulau Kolorai sangat cocok sebagai desa bahari.

"Satu dua hari kedepan kita akan bicarakan bagaimana pengelolaan Kolorai sebagai Desa Wisata dan desa bahari," katanya, Jumat (29/7/2022).

"Dan ini juga kita akan samakan persepsi dengan Dinas Perikanan kemudian Dinas PMD dan beberapa instansi terkait, Untuk kita fokus menjadikan Kolorai sebagai Desa Wisata," sambungnya.

Baca juga: Wisata Morotai, Pulau Timbul Pasir Putih dan Diving Bersama Hiu Sirip Hitam

Bagi Kalbi, selain Kolorai ada juga juga beberapa desa di bibir Morotai bagian barat yang punya potensi perikanan, selain itu potensi pariwisatanya juga sangat luar biasa untuk dikembangkan ke depan.

Misalnya desa Galo-galo yang juga berdekatan dengan Dodola, Kolorai juga berdekatan dengan Dodola, di bagian utara ada Galo-galo di bagian selatan ada Kolorai

"Ini juga kedepan in saya Allah kita akan kembangkan menjadi desa Wisata karena memang potensi pariwisata terutama untuk snorkeling lalu kemudian diving juga ada di sekitar Galo-galo," ungkap Kalbi.

"Kami berharap bahwa masyarakat di desa juga bisa menjaga itu, sehingga kedepannya mungkin Galo-galo juga bisa menjadi bagian pengembangan wisata yang masuk zona pulau Dodola," tambahnya.

Bahkan mantan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pulau Morotai ini juga mengatakan, bahwa semua wisata di Morotai sudah ada kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)

Baca juga: Pantai Jobubu, Sebuah Tempat Wisata Morotai untuk Berselancar

Mereka ini nanti mengelola wisata-wisata yang ada di Kabupaten Pulau Morotai yang dilatih oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai.

"Di semua wisata itu ada kelompok Pokdarwis menjadi unjuk tombak dinas pariwisata yang berada di desa dan menjadi unjuk tombak masyarakat yang ada di Desa,"

"Lewat kelompok Pokdarwis inilah, bisa memainkan peran untuk melihat potensi kemudian menjadikan potensi yang ada sebagai destinasi wisata yang ada di kabupaten pulau Morotai"katanya.

Dia juga menyebutkan akses menuju di Pulau tersebut juga sudah disiapkan oleh dinas Perhubungan dan juga masyarakat setempat.

"Akses transportasi sudah disiapkan oleh Dinas perhubungan, kemudian masyarakat juga ada melayani masyarakat yang punya aktivitas dari Daruba Galo-galo dan Daruba Kolorai." pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved