Wisata Morotai

Basecamp Tentara Sekutu Jadi Destinasi Andalan Wisata Morotai

Tempat Basecamp Tentara Sekutu Jadi Wisata Andalan Desa di Morotai. Di tempat ini ada banyak peninggalan Perang Dunia II dengan konsep desa wisata.

Tribunternate.com/Fizri Nurdin.
Wisata Balitako Desa Joubela kecamatan Morotai, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, dahulu tempat ini dijadikan sebagai Basecamp tentara Sekutu pada saat Perang Dunia II di Morotai, kini dijadikan tempat wisata Desa Joubela, Minggu (31/7/2022) / Fizri Nurdin 

TRIBUNTERNATE.COM - Basecamp Tentara Sekutu pada Perang Dunia II di Desa Joubela kecamatan Morotai selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara kini dijadikan salah satu destinasi Wisata Morotai.

Kepada Tribunternate.com, pemilik lahan Haidir Arsyad menjelaskan, tempat yang dahulu kala pernah dijadikan Basecamp Tentara Sekutu pada perang Pasifik kini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata Desa yang dinamakan Balitako.

Luas lahan kurang lebih 1,5 hektare, tepatnya di pesisir pantai sisi kanan desa Joubela itu, Haidir mengaku menanam berbagai jenis tanaman tujuannya agar bisa dinikmati pengunjung Wisata Morotai.

"Tempat ini dahulu, basecamp Tentara Sekutu, bekas jalannya juga masih ada, di tempat ini juga kami dapatkan rongsokan sisa-sisa Perang Dunia II, dulu itu sebagi tempat pilot oleh Tentara Sekutu," katanya, Minggu (32/7/2022).

"Jadi saya berinisiatif untuk buat wisata desa namanya Balitako (pohon kayu) dahulu pohon bintangur," sambungnya.

Baca juga: Air Terjun Raja yang Masih Alami Lengkapi Pesona Destinasi Wisata Morotai

Selain itu Haidir mengaku tempat wisata Balitako juga ditanami kelapa, buah-buahan lainnya tujuannya agar ke depan pengunjung bisa menikmati

"Saya tanam kelapa Bido, juga disini saya tanam berbagai macam buah, salah satunya buah durian, Ini tujuannya untuk 3 tahun bisa para kunjungan bisa menikmati yang akan kami sediakan,"

"Saat ini bagi para pengunjung yang biasanya berkunjung ke sini itu disediakan pisang goreng, kelapa muda dan juga buah pepaya," ungkapnya.

Bahkan pernah ada lanjutannya turis berkunjung di tempat ini, juga mantan istri Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Sherly Tjoanda juga datang di tempat ini.

"Ditempat ini juga mantan istri Bupati Benny Laos, Sherly Tjoanda pernah berkunjung, selain itu juga dahulu turis perah datangi tempat ini dengan tujuan mencari peninggalan sisa Perang Dunia II," katanya.

Dia juga menjelaskan, pengunjung bisa melakukan Snorkeling sebab terumbu karang masih utuh di pesisir pantai Balitako.

"Terumbu karang bagi pengunjung bisa snorkeling dan juga bisa menyelam keindahan terumbu karangnya sangat bagus, juga di depan sini ada kerangka peninggalan Perang Dunia di dasar laut."pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved