BBM Naik, Pengamat Ekonomi: Orang Miskin di Maluku Utara Bakal Tambah Miskin

Muchtar Adam mengatakan, Maluku Utara, bakal masuk dalam kota termiskin. Apalagi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik.Sebab semua barang akan naik

Penulis: Yunita Kaunar | Editor: Mufrid Tawary
Tribunternate.com/Yunita Kaunar
Pengamat Ekonomi Universitas Khairun Ternate Muchtar Adam, Rabu (7/9/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM- Pengamat Ekonomi Universitas Khairun Ternate Muchtar Adam mengatakan, Maluku Utara, bakal masuk dalam kota termiskin. Apalagi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik.
Sebab secara otomatis semua sektor kebutuhan akan melonjak.

“Sudah pasti jika semua kebutuhan naik, maka yang miskin tambah miskin,”kata Muchtar Adam, Rabu (7/9/2022).

Menurut Muchtar Adam, siklus inflasi di Kota Ternate ini sudah diketahui pada hari-hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha, Akhir Tahun dan Natal.

Tiba-tiba negara menerbitkan regulasi kenaikan BBM pada September, dan saat ini kondisi di Pasar, bahan pokok naik dan harga Kopra malah turun.

“Hal ini bakal menambah Peningkatan orang miskin di Maluku Utara terus bergerak naik, karena semua sektor naik, dan pendapatan masyarakat itu dari kopra kalau kopra turun yang lain naik kita bisa apa,”jelasnya.

Baca juga: Jam Operasi di SPBU Kota Tidore Kepulauan Diperpanjang untuk Penuhi Kebutuhan BBM

Baca juga: Antisipasi Kenaikan Harga Barang Berlebihan, Disperindag Kota Tidore Awasi Distribusi

Masyarakat Maluku Utara merupakan masyarakat pertanian, dengan adanya penurunan harga kopra sudah pasti masyarakat tertekan.

“Ekonomi masyarakat kita ini tertekan, mengancam terjadi peningkatan kemiskinan, karena petani kita hanya berharap dengan pendapatan pada sektor pertanian yang tiga bulan sekali baru panen,”pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved