Kebutuhan Pokok di Ternate Bakal Naik, Seiring Naiknya Tarif Angkutan Laut

Kebutuhan pokok di Ternate akan naik seiring naiknya tarif angkutan laut, karena kebutuhan pokok yang dijual berasal dari daerah luar Maluku Utara.

Penulis: Yunita Kaunar | Editor: Munawir Taoeda
Tribunternate.com/Yunita Kaunar
HARGA: Para pedagang di Pasar Percontohan Ternate memperkirakan harga kebutuhan pokok bakal naik, seiring dengan naiknya tarif angkutan laut. Sebab, semua kebutuhan pokok yang dijual, berasal dari daerah luar Maluku Utara, yang dikirim melalui jalur laut, Jumat (9/9/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Sejauh ini harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Ternate seperti, cabai, bawang merah, bawang putih dan tomat masih terkendali.

Namun semua itu akan perlahan berubah naik untuk Kota Ternate, seiring naiknya tarif angkutan laut, pasca kenaikan harga BBM.

"Harga masih terkendali namun belum tahu pekan depan, karena sejak ditetapkan kenaikan BBM, belum ada barang masuk ke Kota Ternate."

"Jika minggu ini barang kebutuhan pokok masuk, dan pengaruhnya ke bongkar muat mahal, maka harga akan disesuaikan, "ungkap Idhar Ibrahim, seorang pedagang kebutuhan pokok di Pasar Percontohan Ternate, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: Harga Rempah Ternate Hari Ini, Jumat 9 September 2022: Fuli dan Cengkeh Masih Stabil

Menurutnya, pengecer sepertinya berjualan bukan untuk rugi, namun baikan pengecer saja produsen juga berjualan, bukan untuk rugi.

Namun bagaimana agar bisa memiliki keuntungan, namun jika kenaikan harga BBM saat ini, bakal berdampak pada semua sektor termasuk produk pangan.

"Kita ini semua kebutuhan pangan berharap dari luar Ternate, jika ada kenaikan pada harga produk dari daerah asal, maka sampai disini sudah otomatis naik, "katanya.

Lebih lanjut, bahwa Kota Ternate berharap produk pangan dari daerah penyangga seperti Kota Tidore, Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Manado dan Surabaya.

Baca juga: Jadwal Kapal Ternate Hari Ini, 9 September 2022: KM Sinabung Rute Bitung-Banggai-Makassar-Surabaya

"Kita tidak bisa hanya dari Ternate, karena sudah pasti tidak mampu memenuhi kebutuhan, maka harus dibantu dari luar, jika biaya transportasi naik, otomatis harga barang juga ikut naik, "bebernya.

Seraya menambahkan, hal ini sudah menjadi hukum ekonomi pasar, karena itu ia dan pedagang lain hanya bisa pasrah.

"Sudah pasti kalau harga barang dan biaya transportasi naik, maka semua kebutuhan bakal ikut naik, "tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved