Ikatan Arsitek Indonesia Maluku Utara Gelar Perayaan Ulang Tahun ke-63, Dihadiri 131 Peserta

Pengurus ikatan arsitek Maluku Utara, gelar perayaan ulang tahun ke-63 yang dihadiri oleh seluruh arsitek se-Indonesia.

DOK: Layang Sutanto
Foto Bersama seluruh anggota Ikatan Arsitektur Indonesia di Maluku Utara. 

TRIBUNTERNATE.COM - Pengurus Ikatan Arsitek Maluku Utara Indonesia (IAIMU) sukses melaksanakan pembukaan acara peningkatan keprofesian secara online.

Acara yang diikuti 131 peserta seluruh Indonesia ini dilaksanakan dalam rangka perayaan hari ulang tahun Ikatan Arsitek Indonesia ke-63 yang jatuh pada Sabtu, 17 september 2022 yang bertempat dimarkas Arsitek se-Maluku Utara.

ketua panitia pelaksana M. Fahd Assegaf, mengatakan bahwa ini kali ketiga IAIMU melaksanakan penataran kode etik dan kaidah tata laku arsitek, dan kali kedua pelaksanaan pengembangan keprofesian arsitek.

"kami tidak menyangka kegiatan yang kami laksanakan ini akan mendapat respon baik dari sejawat arsitek se indonesia, mengingat kegiatan ini sangat penting merupakan jenjang seseorang untuk menjadi arsitek profesional,"Kata M.Fahd. Jumat (16/9/2022)

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 15-18 september 2022, dan keseluruhan kegiatan dilaksanakan secara online

Ketua IAIMU Iksan Marsaoly dalam sambutannya pada pembukaan acara pada 15 september 2022 kemarin, sekaligus membuka acara secara resmi menyampaikan bahwa tugas kepengurusan yang dinahkodainya, bertanggung jawab memperkuat pondasi keprofesian ini lewat peningkatan keprofesian arsitek maluku utara.

"ha ini dilakukan agar bisa berkonstribusi untuk indonesia, dan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bukti kecil konstribusi teman-teman iaimu terhadap sejawat arsitek dari sabang sampai merauke yang turut berpartisipasi menjadi peserta demi memenuhi syarat jenjang mereka menuju pengakuan sebagai arsitek profesional,"ungkapnya.

Iksan menambahkan,Sebentar lagi genap setahun kepengurusan arsitek dengan visi besar berkeras untuk indonesia telah memilih untuk fokus membenahi internal.

"Mengingat tugas besar kepengurusan kami didaerah setelah dikeluarkannya berbagai regulasi yang berkaitan dengan profesi ini membuat kami harus segera memenuhi kebutuhan SDM arsitek sebagai tenaga ahli yang disyaratkan, setelah tercukupi SDM kami, bersama Pemprov Malut kami akan duduk bersama untuk mendiskusikan Lisensi Arsitek yang harus dituangkan dalam bentuk Pergub,"jelasnya.

Mengingat Undang-Undang Bangunan Gedung dan Peraturan Presiden pun mengisyaratkan profesi arsitek sebagai salah satu tim profesional ahli yang harus dilibatkan dalam mengawal pembangunan didaerah mulai dari ijin-ijin, rumah tinggal, bangunan pendidikan, kesehatan hingga kelayakan bangunan komersil dan bangunan lainnya.

Sementara sekretarsi umum IAIMU Ishak, juga menambahkan bahwa konsentrasi kepengurusan yang dikawalnya juga terfokus pada pelaksanaan Pendidikan profesi Arsitek (PPArs) sebagai pondasi awal keprofesian tersebut.

Setelah pelaksanaan MOU bersama Rektor Universitas Khairun Ternate 9 bulan lalu, saat ini kerja sama dengan pihak Unkhair lewat program studi arsitektur dan pihak Fakultas Teknik menindaklanjuti kesepakatan bersama sudah sampai pada tahapan pembahasan teknis pelaksanaan.

"mungkin setelah semua ini berjalan sinergi mengikuti koridornya secara berkelanjutan baru kami IAIMU akan keluar dari sekretariat kami menyapa masyarakat setelah sekian lama babak belur dengan penyesuaian SDM terhadap peraturan-peraturan yang terkait dengan profesi Arsitek,"tandasnya.

Untuk diketahui pemateri yang hadir dalam kegiatan ke kegiatan tersebut juga merupakan, arsitek-arsitek yang memiliki kompetensi luar biasa di indonesia, seperti Ar. Don Ara Kian.IAI sebagai penatar Kode Etik didampingi DR. Ar. Augi Sekatia.IAI., dan pada penataran keprofesian ada Ar.Andy Rahman.IAI., Ar. Marwan Sinai.IAI., Ar.Muaz Yahya.IAI., Ar.Fredy.IAI., serta Ar. Ichsan Teng.IAI., dan Ar.Ardi Basri.IAI., sebagai penatar dari Maluku Utara.(*)

 

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved