Dinas PUPR Morotai Target Selesaikan Pembangunan Talud pada Desember Mendatang

Bangun Talud Sistem Swakelola Dinas PUPR Kabupatan Pulau Morotai Target Tuntaskan pekerjaan pada Desember Mendatang

Tribunternate.com/Fizri Nurdin.
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pulau Morotai, Muhammad Jain mengatakan, pekerjaan Talud Sistem Swakelola di empat titik ditargetkan tuntas Desember mendatang, Senin (19/9/2022)/Fizri Nurdin 

TRIBUNTERNATE.COM - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Muhammad Jain mengatakan, pekerjaan talud penahan ombak di beberapa titik tuntas Desember mendatang.

Pekerjaan talud penahan ombak tersebut dibangun menggunakan Bois dan Bolder (susunan batu besar) sekitar empat titik di beberapa Desa di Kabupaten Pulau Morotai.

Pekerjaan talud itu menggunakan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) kurang lebih empat titik dan menelan dana sekitar Rp 2,3 Miliar.

"Tahun 2022 Dinas PUPR bagun talud penahanan ombak menggunakan Bois sebanyak 3 titik dan 1 titik itu bangun sistem Bolder (susun batu besar),"katanya Senin (19/9/2022).

"Yang kita buat sekarang di daerah Tiley, Juanga, Mira dan Sopi. Kalau Sopi itu Bolder (Susunan Batu besar) kalau bois itu di tiga lokasi," sambungnya.

Dari empat titik tersebut Muhammad Jain menjelaskan, tiga diantaranya sudah dikerjakan hampir tuntas sisa satu titik yang sementara dalam tahap pekerjaan.

"Dari empat itu tinggal satu titik yang belum yaitu di Sopi sementara kerja, kita fokus bangin yang di Mira dulu karena Mira itu kan panjangnya 300 meter. Kalau di Mira itu bukan swakelola terus pakai kontrak, anggarannya sekitar 7 sampai 8 miliar, kalau pakai Swakelola tidak sampai di angka itu," katanya. 

"Jadi semuanya swakelola, karena swakelola ini cuma honor operator, BBM, makan minum, sparepart, dan material (batu, semen, pasir dan besi)," jelasnya.

Pria asal Tidore Kepulauan ini juga mengatakan, dana yang digunakan untuk pekerjaan talud tersebut menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU).

"Sumber anggarannya dari DAU Rp2,3 Miliar di empat titik, targetnya Desember semua sudah selesai." pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved