Surya Paloh Resmikan Kantor Nasdem Malut

Akademisi Maknai Kedatangan Surya Paloh di Maluku Utara Wujud Konsolidasi Kepemimpinan

Akademisi Sebut Kedatangan Surya Paloh ke Maluku Utara Merupkan Konsolidasi Kepemimpinan jelang hajatan Pemilu 2024 mendatang.

TribunTernate.com, Nur Hidayat Hi.Gani
AJI DENI - Akademisi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), Dr. Aji Deni saat berada di ruang kerjanya. Dia menjelaskan kedatangan Surya Paloh ke Maluku Utara sebagai konsolidasi kepemimpinan. 

Laporan Wartawan TribunTernate.com: Nur Hidayat Hi.Gani

TRIBUNTERNATE.COM - Akademisi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate, Dr Aji Deni menyebut kedatangan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh ke Kota Ternate, tidak hanya sebatas peresmian gedung sekretariat DPW Nasdem Maluku Utara.

Dia memaknai kedatangan pemilik MetroTV tersebut ke Kota Rempah ini sebagai bagian dari konsolidasi kepemimpinan untuk menjemput pemilihan presiden (pilpres), pemilu legislatif (pileg) Februari 2024 dan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di 37 provinsi dan 520 kabupaten/kota pada November 2024.

"Ini bukan sekadar peresmian gedung partai, ini konsolidasi kader, elite dan konsolidsi kepemimpinan politik jelang (pemilu) 2024," kata dosen ilmu politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMMU itu.

Baca juga: Surya Paloh: Masak Orang Jawa Saja Jadi Presiden, Orang Luar Jawa Tak Pernah Ada Benarnya

Menurut Aji Deni, untuk di Maluku Utara sendiri suara terkait kepentingan masyarakat sejauh ini hanya terdengar di level fraksi DPRD yang diwakili setiap kader partai.

Tetapi untuk sikap partai politik, terlihat jarang menyuarakan kepentingan tersebut.

"Memang kita harus pahami, sebuah keputusan hanya di DPRD dan Pemerintah. Sehingga sangat mungkin, kehadiran Surya Paloh itu dalam rangka konsolidasi kepemimpinan, rekrutmen maupun penguatan Nasdem menghadapi tahun politik 2024. Baik di Pilpres, Pilkada, pemilihan DPR, DPRD tingkat provinsi dan kabupaten-kota," katanya kepada TribunTernate.com, Kamis (22/9/2022).

Dekan FISIP UMMU itu juga meyakini ketika konsolidasi kepemimpinan itu dilakukan di Maluku Utara, maka tidak menutup kemungkinan, tidak sedikit elite lokal akan mendatangi Surya Paloh.

Baca juga: Hadir di Acara NasDem, Wabup Halmahera Barat Tegaskan Akan Kembali Berpasangan Dengan James Uang

"Saya yakin bahwa banyak sekali para elite bersilaturrahmi dengan Pak Surya Paloh," katanya.

"Karena sebenarnya politik itu tergantung cara orang itu berkomunikasi, membagi kepentingan dalam informasi, membagi hasil keputusan partai luar untuk bermitra, atau juga oposisi yang institusional," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved