Pemilu 2024

Satu Kecamatan Calon Panwascam di Halmahera Utara Masih Kosong, Kuota Perempuan Belum Terpenuhi

Rekrutmen Panwascam Halmahera Utara hingga hari kedua masih minim kuota perempuan. Terdapat satu kecamatan belum ada pendaftarnya.

Tribunternate.com/Arafik Hamid.
Ketua Bawaslu Halmahera Utara, Rafli Kamaludin saat menyampaikan keterangan di ruangan kerjanya di Tobelo, Jumat (23/9/2022). Calon Panwas di 17 Kecamatan tepatnya Kecamatan Tobelo Tengah belum ada pendaftar sama sekali. 

TRIBUNTERNATE.COM, TOBELO - Ketua Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu) Halmahera Utara, Rafli Kamaludin, menjelaskan pada hari kedua, Jumat (23/9/2022) pendaftaran Panwascam terdapat 61 orang pelamar yang tersebar di 17 kecamatan se-Halmahera Utara.

Rekrutmen Panwascam dilakukan Bawaslu Halmahera Utara dalam rangka persiapan Pemilihan Umum 2024. Pendaftaran ini terhitung dari 21 hingga 27 September 2022.

"Di hari kedua pendaftaran Panwascam sudah 61 orang, untuk hari ketiga belum di update jumlahnya," jelas Rafli Kamaludin di Kantor Bawaslu Halmahera Utara di Tobelo, Jumat (23/9/2022).

Dari 17 kecamatan di Halmahera Utara ternyata masih ada satu Kecamatan yang belum ada pendaftar sama sekali. Yakni di Kecamatan Tobelo Tengah.

"Dari 17 kecamatan yang sudah mendaftar, satu kecamatan belum ada sama sekali pendaftarnya," ungkap Rafli

Menurut Rafli, dari 16 kecamatan, pendaftar tertinggi ada di Kecamatan Malifut sebanyak 9 orang, Kecamatan Kao Teluk 6 orang dan Kecamatan Loloda Kepulauan 6 orang.

Tiga kecamatan telah terpenuhi dua kali kebutuhan, tapi nanti komposisinya akan kita lihat sebab ada kuota 30 persen untuk perempuan.

"Apakah ada kuota perempuan minimal 30 persen atau tidak, kalau tidak ada akan diperpanjang masa pendafatran hingga memenuhi kuota," kata Rafli.

Kuota 30 persen perempuan menjadi salah satu persyaratan sebagai Calon Panwas Kecamatan, jika tidak ada pendaftar perempuan akan diperpanjang masa pendaftaran selama 5 hari.

"Nanti kami lihat, kalau memang tidak ada kami akan buka kembali pendaftaran untuk memenuhi 30 persen perempuan," kata Rafli yang juga Ketua Pokja Bawaslu Halmahera Utara.

Ia berharap, masyarakat dapat berpartisipasi mendaftar sebagai peserta calon Panwascam.

"Kami berharap, masyarakat dapat berpartisipasi terutama perempuan," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved