Duduk Manis Surat Tilang Langsung Diantar Petugas Kantor Pos, Gratis Pula

PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Ternate, siap mengantarkan surat tilang, bagi pengendara yang melanggar dari hasil rekaman kamera ETLE.

Penulis: Randi Basri | Editor: Mufrid Tawary
Tribunternate.com/Randi Basri
Kepala kantor POS Cabang Ternate, Muh. Agussalim Masnur, Minggu (25/9/2022) 

TRIBUNTERNATE.COM - PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Ternate, siap mengantarkan surat tilang, bagi pengendara yang melanggar dari hasil rekaman kamera ETLE.

Pengantaran surat rekaman tilang ETLE tersebut setelah PT. Pos Indonesia kerja sama Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Maluku Utara.

Kepala kantor POS Cabang Ternate, Muh. Agussalim Masnur menyebut, untuk mengirim hasil rekaman atau bukti pelanggaran yang tertangkap kamera CCTV ETLE, Ditlantas Polda Malutku Utara sudah menggandeng PT. Pos Indonesia.

Menurutnya, dari hasil pelanggaran yang diberikan Ditlantas maka, kantor pos langsung menginput data tersebut dan dikirim ke pemilik rumah masing-masing.

"Kita akan antar lampiran yang diberikan Ditlantas Polda berupa surat tilang berisi foto bukti pelanggaran, lokasi dan waktu pelanggaran, jenis pasal yang dilanggar, dan tenggat waktu. Itu kita antar langsung ke rumah pelanggar," kata Masnur, Minggu (25/9/2022).

Baca juga: Mobil Presiden Joko Widodo Sudah Tiba di Ternate, Diangkut Pakai Pesawat Angkatan Udara

Dia menyebut, pengiriman sebenarnya sama dengan surat biasa. Nantinya Ditlantas akan konfirmasi kalau sudah ada surat tilang.

Bukti pelanggarannya itu kemdudian diantarkan berdasarkan tujuan alamat rumah dari pelanggar tersebut.

Kepala pos juga mengaku, jika alamat pelanggar berada di luar Ternate maupun atau Provinsi akan tetap diantar.

Sebab cakupan wilayah PT. Pos ada dan tersedia di seluruh wilayah Maluku Utara

Selain itu, para pelanggar yang menggunakan nomor plat daerah luar juga bakal dilayani jika melakukan pelanggaran.

"Jadi kalau misalkan diluar dari Ternate atau diluar dari Maluku Utara pasti kami antarkan juga jika Ditlantas berikan surat tilang," katanya.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Dikabarkan Besok Tiba di Ternate, Berikut Agendanya

Sementara untuk biaya pengantarannya kata Masnur pelanggar tidak perlu repot-repot untuk bayar.

Mereka hanya duduk manis nanti petugas pos memberikan bukti ke mereka lalu foto si penerima dan tanda tangan tanda terima.

"Untuk biaya masyarakat tidak bayar ke petuga pos kami, semua biaya antar ditanggung oleh Ditlantas Polda Maluku Utara sesuai kesepakatan," ucapnya.

Dia menambahkan untuk di kota Ternate petugas yang melakukan pengantaran berjumlah ada 5 orang dan untuk luar Kota Ternate jika memang sudah diberlakukan maka akan ada 2 petugas pengantar.

"Untuk total se-Maluku Utara  petugas pengantar kami kurang lebih ada 26 orang, mereka yang siap antar surat tilang," pungkasnya.  (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved