Longboat Tengelam di Perairan Mangoli Kepulauan Sula Maluku Utara: 4 Orang Tewas, 22 Selamat

Sebanyak 4 penumpang dinyatakan meninggal dunia dan 22  selamat  atas tenggelamnya Longboat di perairan Mangoli, tepat di depan Desa Paslal, Kecamatan

Penulis: Randi Basri | Editor: Mufrid Tawary
Tribunternate.com/Randi Basri
Suasana tim SAR gabungan saat melakukan proses evakuasi korban ke darat, Minggu (25/9/2022) 

TRIBUNTERNATE.COM - Sebanyak 4 penumpang dinyatakan meninggal dunia dan 22  selamat  atas tenggelamnya Longboat di perairan Mangoli, tepat di depan Desa Paslal, Kecamatan Mangoli Tengah, Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Dilaporkan, keempat penumpang yang meninggal dunia antara lain, Hasria Safi (7),  Tete Ona (70), Ni Umamit (57) dan Jaria Hania (45).

Sementara ke 22 orang dinyatakan selamat yaitu, Spaldin Umadir, Safi Umasugi (45), Marjuki Embisa (30), Marjatia Embisa (8), Suman Umadir (25),  Hajrin (15), Bahrudin (25), Ruwaidah (37), Wacici Pramida (15), Sayina Sapsuha (54),  Nurlaila Tidore (20),  Nurfadila (24),   Sanusi, Awria Sapsuha, Sri Sapsuha, Sahwan, Lajuma dan Farid.

"Benar tadi ada kejadian kecelakaan sebuah Longboat di perairan Mangoli," kata Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman, Minggu (25/9/2022). 

Dia mengatakan, saat ini tim SAR gabungan di Sanana Kepulauan Sula telah mengevakuasi korban menuju ke Desa Paslal dengan menggunakan RIB 01 Sanana.

Tim SAR gabungan juga sudah mendata para penumpang yang ikut dalam kapal tersebut.

Adapun, ditemukan sebanyak  4 penumpang meninggal dunia serta  4 orang trauma sehingga dievakuasi ke RSUD untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan.

Baca juga: Rapat Tertutup Koordinasi Kunjungan Jokowi ke Maluku Utara, Jalan Depan Royal Resto Ternate Ditutup

Baca juga: Mobil Presiden Joko Widodo Sudah Tiba di Ternate, Diangkut Pakai Pesawat Angkatan Udara

Menurut Fathur, dari informasi yang diterima,  Longboat tersebut awalnya dari Desa Buya menuju pulau Ngofanini Kepulauan Sula dan dinyatakan terbalik diperairan pulau Mangoli.

Laporan tengelamnya Longboat ini ata laporan dari Abdullah Seram sekitar pukul 08.15 WIT. Dari situ kemudian tim Unit Siaga SAR Sanana langsung melakukan koordinasi untuk menuju lokasi.

"Kita dapat info Longboat tengelam itu di koordinat 1°57'46"N/ 126°41'51"E. Untuk saat ini kita juga belum mengetahui pasti penyebab peristiwa tersebut, namun sekarang semua korban sudah dievakuasi ke daratan," tandasnya.  (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved