Presiden Jokowi Kunjungi Maluku Utara

Penembak Jitu Hingga 2.500 Personel Gabungan Disiagakan Kawal Kunker Presiden Jokowi ke Maluku Utara

Sebanyak kurang lebih 2.500 aparat keamanan gabungan disiagakan termasuk penembak jitu untuk amankan kunjungan Jokowi ke Maluku Utara, Rabu (28/9/2022

Penulis: Randi Basri | Editor: Muhammad Husain Sanusi
Tribunternate.com/Randi Basri
Sebanyak kurang lebih 2.500 personel TNI Polri termasuk sniper disiagakan untuk pengamanan Presiden Jokowi ke Maluku Utara, Selasa (27/9/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM, TERNATE - Jelang kedatangan Presiden Jokowi ke Maluku Utara, Rabu (28/9/2022) besok sejumlah persiapan pengamanan telah dilakukan pada titik-titik yang jadi tempat kunjungan Presiden sejak Selasa (27/9/2022).

Persiapan yang menjadi urgent tidak lain dari sisi pengamanan TNI Polri di Maluku Utara untuk mengawal kepala negara saat tiba di Maluku Utara untuk melakukan kunker pada beberapa lokasi baik Ternate, Sofifi dan Halmahera Barat

Hal ini terlihat dalam apel gelar pasukan yang berlangsung di lapangan Ngaralamo, Kelurahan Soa-Sio, Kecamatan Ternate Tengah, Selasa (27/9/2022).

Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayor Jenderal (Mayjen) Ruruh Aris Setyawibawa menyebut, saat ini sejumlah persiapan sudah dilakukan, baik dari sisi pengamanan dan lainnya.

Untuk pengamanan sendiri kata Pangdam, sudah dilakukan persiapan, dan hari ini sudah dilakukan apel gelar pasukan gabungan TNI/Polri dalam rangka melakukan pengamanan kunjungan bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Maluku Utara.

"Pengamanan ini kita libatkan 2000 personel TNI-Polri ditambah dengan pemerintah daerah instansi terkait, jadi totalnya hampir 2.500 hingga 2.600 personel,” kata Pangdam usai memimpin upacara gelar pasukan kunjungan Presiden yang berlangsung di lapangan Ngaralamo.

Menurutnya, pengamanan personel ini dibagikan ke 3 lokasi yang menjadi agenda Kepala Negara baik di Kota Ternate, Halmahera Barat hingga Sofifi.

“Semua lokasi yang di kunjungi Pak Presiden itu menjadi prioritas keamanan, jadi tidak ada yang kita prioritas tapi semuanya sama,” tegasnya.

Baca juga: Gubernur Maluku Utara Akan Tanya Soal Sofifi ke Jokowi: Kita Belum Punya Rumah di Ibukota Provinsi

Olehnya itu Mayor Jenderal (Mayjen) Ruruh Aris Setyawibawa berharap, dengan adanya Kunker bapak Presiden di Maluku Utara diharapkan bisa berjalan normal dan lancar.

Lebih lanjut Pangdam mengimbau kepada seluruh pejabat pemerintah dan segenap masyarakat Maluku Utara untuk menyambut kedatangan Presiden dengan penuh suka cita dan menghindari hal-hal yang dapat berdampak negatif selama kunjungan beliau.

"Mari kita sambut kedatangan Presiden dengan penuh antusias dan suka cita serta kita hindari hal-hal yang bisa berdampak negatif," ajak Pangdam.

Sementara informasi yang dikantongi TribunTernate.com di lokasi, dalam apel gelar pasukan bertindak sebagai pimpinan apel yakni Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura.

Diikuti juga oleh, Gubernur Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara, Danrem 152 Baabullah Ternate, Walikota Ternate, Danlanud Leo Wattimena Morotai dan sejumlah PJU Korem 152 Baabullah dan Polda Maluku Utara.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, sejumlah personel disiapkan, bahkan sejumlah alutsista seperti beberapa mobil taktis, senapan hingga tim khusus penembakan jitu atau sniper juga disiapkan.

Semua peralatan pengamanan tersebut sudah disiapkan sebagai perlengkapan pendukung dalam pengamanan Presiden saat berada di Maluku Utara.

Sumber: Tribun Ternate
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved