Halmahera Barat

Sultan Ternate Akan Rehab Rumah Pusaka Persinggahan Ayahnya di Halmahera Barat yang Rusak Berat

Rumah pusaka tempat persinggahan mendiang Ayah Sultan Ternate di Halmahera Barat akan direhab oleh Sultan Hidayatullah Syah.

Penulis: Faisal Amin | Editor: Muhammad Husain Sanusi
Tribunternate.com/Faisal Amin.
Sultan Ternate Hidayatullah Syah saat mengunjungi Kadato ici (Kedaton Kecil) di Desa Lako Ake Diri Halmahera Barat (29/9/2022). Sultan Ternate akan memperbaiki bangunan pusaka tempat persinggahan mendiang ayahnya. 

TRIBUNTERNATE.COM, HALMAHERABARAT - Kondisi Tempat Persinggahan Sultan Ternate di Halmahera Barat, Maluku Utara kondisinya memprihatinkan.

Bangunan tersebut rusak berat, atap bangunan sebagian sudah mulai runtuh, demikian juga plafonnya.

Tak hanya itu, dinding dan lantainya pun sudah rusak berat. Jendel dan pintunya sudah banyak yang terlepas dan kayunya mulai lapuk.

Pagar di bagian serambi Kadato Ici yang terbuat dari kayu kini sudah tidak adalagi hanya menyisakan tiang penahan serambi.

Sultan Ternate, Hidayatullah Syah yang mengunjungi yang bangunan peninggalan mendiang Ayahnya ini pun merasa prihatin.

Menurutnya, bangunan ini bukan hanya sekedar peninggalan Almarhum ayahnya, namun memiliki makna sebagai bangunan pemersatu rakyat.

Baca juga: Doru Gam, Momentum Sultan Ternate Menyapa Rakyatnya di Halmahera Barat

"Bangunan ini bukan hanya tempat persinggahan Ayah (Mendiang Sultan Mudaaffar Syah) tapi lebih sebagai tempat silaturahmi rakyat," ujarnya saat diwawancarai TribunTernate.com dilokasi Kadato Ici Desa Lako Ake Diri, Halmahera Barat, Kamis (29/9/2022).

Melihat kondisi bangunan peninggalan Ayahnya yang memprihatinkan tersebut, Sultan Hidayatullah Syah berencana membangun kembali bangunan tersebut.

"Insha Allah di malam tahun baru nanti kita akan buat acara disini sebagai awal pencanangan pembangunan," ujar Sultan Ternate, Hidayatullah Syah.

Ia berharap, apabila setelah dibangun atau dikembalikan fungsi tempat tersebut, masyarakat Halmahera Barat akan mendapat keuntungan.

"Insha Allah lepas dari malam tahun baru ini, saya punya rakyat disini akan mendapat faedah yang luar biasa dari tempat ini," katanya.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved