Liga Jerman

Julian Nagelsmann Beri Waktu Sendiri bagi Pemain Bayern Munich Pasca-Pahitnya Piala Dunia 2022

Pelatih Bayern Munich diplomat beri opsi kepada para pemainnya untuk membahas soal apa pun, termasuk kekecewaan di Piala Dunia 2022, jika mereka mau.

Penulis: Rizki A. Tiara | Editor: Rizki A
Instagram/julian.nagelsmann
Pelatih Bayern Munich Julian Nagelsmann. Foto diambil saat Bayern Munich menaklukkan Inter Milan dengan skor akhir 2-0, Matchday 6 babak fase Grup C Liga Champions, Selasa (1/11/2022) malam waktu setempat. 

TRIBUNTERNATE.COM - Pelatih Bayern Munich, Julian Nagelsmann, memberikan tanggapannya mengenai tersingkirnya Jerman dari Piala Dunia 2022.

Apalagi, ada 7 pemain Bayern yang dipanggil dalam skuad 26 pemain Jerman untuk berlaga di Qatar.

Yakni, Manuel Neuer, Thomas Muller, Joshua Kimmich, Leon Goretzka, Serge Gnabry, Jamal Musiala, dan Leroy Sane.

Ketujuh pemain Bayern tersebut menjadi starter dalam pertandingan terakhir Jerman di Piala Dunia 2022, yakni melawan Kosta Rika.

Namun, Jerman harus menelan kenyataan pahit karena tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia dua kali berturut-turut.

Ekspresi para pemain Jerman kala berdiri di atas lapangan pada akhir pertandingan Jerman vs Kosta Rika dalam Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Al-Bayt Stadium, Kamis (1/12/2022) malam waktu setempat. Meski menang 4-2 atas Kosta Rika, Jerman tak bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.
Ekspresi para pemain Jerman kala berdiri di atas lapangan pada akhir pertandingan Jerman vs Kosta Rika dalam Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Al-Bayt Stadium, Kamis (1/12/2022) malam waktu setempat. Meski menang 4-2 atas Kosta Rika, Jerman tak bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (Ina Fassbender / AFP)

Julian Nagelsmann mengatakan, dirinya tidak akan berfokus pada apa yang dihadapi Jerman (termasuk anak-anak asuhannya) di Piala Dunia 2022.

Ia sendiri mengaku bukanlah orang yang bisa menghibur orang lain dengan baik.

"Saya bukan orang yang selalu bisa menghibur. Itu adalah soal pilihan," kata Julian Nagelsmann dalam konferensi pers di kamp latihan musim dingin Bayern Munich di Aspire Academy, Doha, Qatar, Minggu (8/1/2023).

"Saya bisa berbicara selama setengah jam tentang Piala Dunia yang buruk dan menyedihkan itu. Tapi saya mencoba untuk fokus pada apa yang dapat mereka [para pemain] pengaruhi -- yakni masa sekarang dan masa depan. Saya mencoba membatasi diri pada hal itu," paparnya.

Jamal Musiala dipeluk oleh Manuel Neuer saat tim nasional Jerman resmi tersingkir dari Piala Dunia 2022 meski telah mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2 di Al Bayt Stadium pada Kamis (1/12/2022) malam waktu setempat.
Jamal Musiala dipeluk oleh Manuel Neuer saat tim nasional Jerman resmi tersingkir dari Piala Dunia 2022 meski telah mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2 di Al Bayt Stadium pada Kamis (1/12/2022) malam waktu setempat. (Instagram/manuelneuer)

Baca juga: Manuel Neuer Cedera, Pelatih Bayern Munich Bakal Andalkan Sven Ulreich?: Saya Percaya Padanya

Baca juga: Borussia Monchengladbach Tegaskan Tak akan Lepas Yann Sommer ke Bayern Munich

Mantan pelatih TSG 1899 Hoffenheim dan RB Leipzig itu memberi opsi kepada para pemainnya untuk membahas apa saja, termasuk kekecewaan di Piala Dunia 2022, jika mereka mau.

"Saya menawarkan setiap pemain, mereka bisa datang kepada saya jika mereka memang ingin mendiskusikan sesuatu. Tapi sejauh ini, belum ada yang datang dan saya membiarkan mereka punya waktunya sendiri," tambahnya.

Julian Nagelsmann berharap para pemain menggunakan kekecewaan tersingkir lebih awal di Piala Dunia 2022 itu sebagai motivasi untuk paruh kedua Bundesliga musim ini.

"Saya bisa membayangkan bagaimana rasanya ketika kamu tersingkir dari Piala Dunia. Tapi ibaratnya, kan ada malam, lalu siang lagi. Sekarang sudah siang dan ada terang cahaya," katanya, meminjam perumpamaan habis gelap terbitlah terang.

"Semua ada di tanganmu sendiri untuk berusaha jadi lebih sukses daripada di Piala Dunia," pungkas pelatih kelahiran Landsberg am Lech, Jerman 23 Juli 1987 itu.

Baca juga: Kondisi Noussair Mazraoui yang Alami Perikarditis Pasca-Covid-19, Siap untuk Bayern Munich vs PSG?

Baca juga: Bayern Munich Curiga Noussair Mazraoui Seharusnya Tak Main Lagi setelah Covid-19 di Piala Dunia 2022

Hingga Matchday 15 Bundesliga sebelum jeda musim dingin dan Piala Dunia 2022 Qatar, Bayern Munich bertengger di puncak klasemen sementara dengan total 34 poin, 10 kali menang, 4 kali draw, 1 kali kalah, serta total 49 gol (selisih gol +36).

Kini, Bayern Munich tengah dalam persiapan untuk merebutkan tiga trofi, yakni DFB-Pokal, Liga Champions, dan Bundesliga.

Klub Bavaria itu pun membidik kemenangan Bundesliga ke-11 berturut-turut mereka pada musim ini.

Pada Matchday 16 lanjutan Bundesliga, Bayern akan melakoni laga tandang melawan RB Leipzig, Jumat (20/1/2023) malam waktu setempat.

(TribunTernate.com/Rizki A.)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved