Kunjungi Korban Gempa Ambon, Jokowi: Nanti yang Rusak Berat Akan Dibantu Rp 50 Juta

Jokowi berkoordinasi dengan Kementerian PU soal pembangunan rumah warga terdampak gempa agar segera dibangun kembali seperti rumah korban gempa NTB.

Kunjungi Korban Gempa Ambon, Jokowi: Nanti yang Rusak Berat Akan Dibantu Rp 50 Juta
Setkab.go.id/Deni/Humas
Presiden Jokowi menjawab wartawan usai mengunjungi warga terdampak korban gempa Maluku, di Universitas Darussalam, Maluku Tengah. () 

TRIBUNTERNATE.COM - Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengungkapkan bahwa pemerintah pusat akan membantu pembangunan bandara di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Adapun pembangunan bandara ini akan dimanfaatkan sebagai pendukung sektor pariwisata di daerah tersebut.

Permintaan ini disampaikan Abua saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan ke Ambon pada Minggu (28/10/2019).

“Saat rapat terbatas dengan Bapak Presiden, saya sudah usulkan agar pemerintah bisa membangun bandar udara di Banda,” kata Abua kepada Kompas.com, Rabu (30/10/2019).

Sebagai informasi, usai melakukan kunjungan kerja di Provinsi Papua dan Papua Barat, Jokowi didampingi Iriana Joko Widodo langsung melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku.

Dalam kunjungan kerja ini, Presiden Jokowi dijadwalkan meninjau lokasi pengungsian warga yang terdampak bencana alam gempa bumi yang melanda warga Ambon beberapa waktu lalu.

UPDATE: Gempa Susulan Sebanyak 1870 Kali Terjadi di Kairatu Ambon Per Sabtu (26/10/2019) Pagi

Telan Biaya Rp 1,8 Triliun, Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa di Papua Tepat Hari Sumpah Pemuda

Sebelumnya Jokowi sudah mendapatkan laporan secara detail dari Gubernur Maluku dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait jumlah rumah dan fasilitas umum yang rusak akibat gempa Ambon.

“Kurang lebih 12.300-an rumah yang rusak dan rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan, ini yang telah teridentifikasi,” kata Jokowi, Selasa (29/10/2019), dilansir dari laman setkab.go.id.

Untuk itu Jokowi langsung berkoordinasi dengan Kementerian PU terkait pembangunan rumah warga yang terkena dampak gempa agar segera dibangun kembali.

Namun untuk pembangunan rumahnya, Jokowi berharap pembangunan kembali rumah warga segera dikerjakan sebagaimana dilakukan pemeritah di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Halaman
12
Penulis: Sri Handayani
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Tribun Ternate
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved