Tekno

Samsung Galaxy S20 Ultra Dibekali Fitur Menarik 'Space Zoom 100x', Begini Cara Kerjanya

Samsung resmi meluncurkan Galaxy S20 Ultra yang dibekali dengan sejumlah fitur mumpuni, yakni "Space Zoom".

Samsung Galaxy S20 Ultra Dibekali Fitur Menarik 'Space Zoom 100x', Begini Cara Kerjanya
forbes.com
Samsung Galaxy S20 dan S20 Plus resmi dirilis, S20 Dijual Rp 12,9 Juta dan S20 Plus Dijual Rp 14,4 Juta. Simak perbedaan spesifikasinya! 

TRIBUNTERNATE.COM - Samsung resmi meluncurkan Galaxy S20 Ultra yang dibekali dengan sejumlah fitur mumpuni.

Salah satu yang menarik adalah fitur "Space Zoom" yang memiliki kemampuan zoom hingga 100x.

Apa rahasia di baliknya?

Untuk bisa memperbesar gambar hingga 100x lipat, Samsung menggunakan mekanisme lensa telephoto "folded lens" alias lensa periskop seperti yang sudah diterapkan di beberapa model smartphone lain sebelumnya, yakni Huawei P30 Pro dan Oppo Reno Zoom 10x.

Lensa periskopmemiliki kaca tambahan yang memantulkan cahaya dari arah depan lensa ke samping, menuju sensor gambar kamera telephoto yang beresolusi 48 megapiksel. Lensa telephoto ini memiliki aperture f/3.6 dan turut dibekali Optical Image Stabilizer.

Tingkat zoom asli (optical, bukan digital)dari lensa telephoto Galaxy S20 Ultra sebenarnya hanya 4x (102mm, ekuivalen full frame).

Namun, Samsung menerapkan beberapa trik untuk memperpanjang rentang zoom lebih jauh hingga mencapai angka 100x.

Mobile Product Manager Samsung Electronics Indonesia Taufiqul Furqan menjelaskan bahwa Galaxy S20 Ultra menerapkan "Hybrid Optical Zoom" berupa kombinasi optical zoom dan pembesaran digital hingga rentang zoom 10x.

Meski melibatkan teknik digital, lantaran sensor yang digunakan mememiliki resolusi tinggi (48 megapiksel), Samsung mengklaim bahwa kualitas gambar hingga zoom 10x tidak akan menurun alias lossless.

S20 Dijual Rp 12,9 Juta & S20 Plus Rp 14,4 Juta, Cek Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Vs S20 Plus Ini

Kemudian, antara tingkat zoom 10x hingga 100x, Samsung menerapkan pembesaran digital lebih jauh dengan teknik "Super Resolution Zoom" yang mengandalkan kecerdasan buatan untuk menjaga agar kualitas gambar tak terlalu menurun.

Halaman
12
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved