Kisah Pengusaha Batik Raup Untung Rp 50 Juta: Batik Kreasinya Sukses Dilirik Jokowi di Pameran

Presiden RI Joko Widodo tahun lalu tertarik dengan model batik Singa Barong seharga Rp 2 juta milik pengusaha batik asal Cirebon.

Kisah Pengusaha Batik Raup Untung Rp 50 Juta: Batik Kreasinya Sukses Dilirik Jokowi di Pameran
DOK INDONESIA.TRAVEL
Ilustrasi batik 

TRIBUNTERNATE.COM – Jika mendengar nama batik tentunya semua masyarakat di Indonesia lansung mengetahuinya.

Yah, sebagai satu dari warisan budaya Indonesia yang dilestarikan, batik selalu memiliki tempat di hati setiap penikmatnya.

Selain menunjukkan nilai budaya lokal, wastra batik juga kerap digunakan dalam acara kenegaraan dan acara formal lainnya.

Seiring kian populernya batik, para pengusaha dan perajin batik pun masih bisa bertahan dengan kreasinya, hingga meraup untung cukup besar.

Salah satu pengusaha batik di Cirebon, tepatnya di Blok Pekauman Desa Kalitengah Kecamatan Tengah Tani I, bernama Zaharoh bersama komunitasnya merintis usaha batik.

Wisatawan yang berkunjung bisa belajar atau workshop membatik langsung, di EB Batik Tradisional Cirebon. Wisatawan akan diajari langsung tentang batik Cirebon oleh para pengrajin lokal, Plered, Kabupaten Cirebon, Minggu (14/5/2017).
Wisatawan yang berkunjung bisa belajar atau workshop membatik langsung, di EB Batik Tradisional Cirebon. Wisatawan akan diajari langsung tentang batik Cirebon oleh para pengrajin lokal, Plered, Kabupaten Cirebon, Minggu (14/5/2017). (KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)

Kisah Tragis Sri Wahyuni, 5 Hari Jelang Nikah Tewas Ditabrak Angkot Bimbar di Batam, Sopir Ditangkap

Kisah Miris Pematung Jenderal Soedirman: Hasilkan Puluhan Karya Patung Besar, Tak Diakui Pemerintah

Bahkan, batik kreasinya dilirik Presiden RI Joko Widodo tahun lalu dalam sebuah pameran yang mereka ikuti.

Zaharoh mengaku saat ia hadir dalam acara Selendang Mayang di Jakarta tahun lalu, Jokowi tertarik dengan model batik Singa Barong seharga Rp 2 juta.

Batik tersebut merupakan batik tulis yang dihasilkan dalam waktu 1 bulan hingga dua bulan.

Dengan proses yang manual tentulah hargaya pun tak semurah hasil printing dan cetak.

“Kami ada tiga komunitas saat itu ke Jakarta. Tapi Pak Jokowi tertarik dengan batik yang motif Singa Barong, Pak Jokowi suka dan itu panjangnya sekitar 2,5 meter,” ujar Zaharoh kepada Kompas.com saat dihubungi, Senin (17/2/2020).

Halaman
1234
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved