Otomotif

Catat! Begini Tips Merawat Sepeda Motor yang Lama Tak Terpakai

Sebagai pemilik kita harus lebih memperhatikan kondisinya agar performa terbaik sepeda motor tetap terjaga.

TRIBUNNEWS.COM/LITA FEBRI
Motor matic 

TRIBUNTERNATE.COM – Saat ini banyak berbagai macam kendaraan menjadi jarang terpakai akibat dampak virus corona dengan diperlakukannya kerja dari rumah atau wfh.

Karena berbagai macam sebab, khususnya sepeda motor, bisa tak terpakai dalam jangka waktu cukup lama.

Jika hal demikian yang terjadi, sebagai pemilik kita harus lebih memperhatikan kondisinya agar performa terbaik sepeda motor tetap terjaga.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, performa terbaik sepeda motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga perawatan yang dilakukan sendiri.

Awas Denda 100 Juta untuk Mobil Pribadi dan Motor Melanggar PSBB Jakarta

UPDATE Harga Motor Skutik 150 cc Bekas di Bawah Rp 20 Juta, Belum Dapat Honda PCX

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik," kata Endro.

Dia menjelaskan, karena motor lama tidak dipakai, kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerjanya.

Berikut beberapa tips praktis dari Endro Sutarno dan AHM untuk menjaga kondisi motor saat tak digunakan dalam jangka waktu lama:

1. Jika Anda ada rencana tidak akan menggunakan motor untuk jangka waktu cukup lama, lakukan pencucian sepeda motor dicuci terlebih dulu. 

”Ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen,” kata Endro.

2. Lumasi bagian-bagian yang berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

Halaman
12
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved