Virus Corona

Dirjen Perkeretaapian Batalkan Beberapa Program Lebaran, Termasuk Jasa Angkut Motor Gratis

Tahun ini, ada beberapa program Kementerian Perhubungan di sektor kereta api yang dibatalkan akibat pandemi corona (Covid-19).

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi kereta api - Sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020). PT KAI Daop I melakukan tindakann preventif pencegahan penyebaran virus Corona di area stasiun dengan membagikan masker, pengecekan suhu tubuh, penggunaan cairan pencuci tangan, serta menyampaikan edukasi tentang etika batuk dan bersin. 

TRIBUNTERNATE.COM - Pandemi virus corona atau Covid-19 berimbas pada sejumlah aspek kehidupan. 

Beberapa program yang telah disiapkan pemerintah pun terpaksa dibatalkan. 

Tahun ini, ada beberapa program Kementerian Perhubungan di sektor kereta api yang dibatalkan akibat pandemi corona (Covid-19).

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Perkeretaapian Kemenhub Zulma Efendi mengatakan, program pertama pertama yang tidak ada adalah pengangkutan motor gratis.

Biasanya program ini rutin dilakukan ketika Lebaran.

Tahun lalu Kementerian Perhubungan telah menyediakan jasa angkut motor gratis dengan menggunakan kereta api sebanyak 18.096 unit untuk di Pulau Jawa.

Namun dikarenakan pandemi Covid-19 alhasil program ini dibatalkan.

Kemenhub Akhirnya Izinkan Ojol Angkut Penumpang saat PSBB, Asal Penuhi Syarat Ini

Kemenhub Resmi Terbitkan Aturan Pengendalian Transportasi dan Mudik, Ini 3 Poin Pentingnya

"Program kedua adalah untuk penambahan kereta api mudik yang juga akan dibatalkan," ujarnya dalam video conference terkait penerapan PM 18 tahun 2020, Minggu (12/10/2020).

Selain itu menurut Zulma, jadwal operasional khusus untuk rute Jabodetabek kini dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Sementara untuk kereta jarak jauh akan disesuaikan dengan grafik perjalanan.

"Untuk kereta jarak jauh masih kita sesuaikan karena pemberangkatan kereta api itu ada yang malam dan ada yang sore dan siang juga," katanya.

Sementara itu untuk mengurangi dampak penyebaran Covid-19, dirinya telah mengimbau para operator untuk melakukan prosedur himbauan kesehatan yang sesuai dengan protokol dari Kemenkes mulai dari keberangkatan, selama perjalanan hingga di tempat tujuan.

(Kompas.com/Elsa Catriana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dampak Covid-19, Ini Program Lebaran yang Dibatalkan Dirjen Perkeretaapian"

Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved