CPNS 2019

Akhirnya! Kepastian Jadwal Tes SKB CPNS 2019 Terjawab, Ditargetkan Bisa Digelar Agustus-September

Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya memberikan kejelasan terkait jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk CPNS 2019.

Warta Kota/Nur Ichsan
Peserta bersiap untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (17/2/2020). Badan Kepegawaian Daerah atau BKD DKI Jakarta mencatat pelamar CPNS DKI Jakarta pada 2019 sebanyak 50.528 pelamar, peserta yang lolos administrasi dan lolos tes SKD untuk mengisi 3.390 formasi CPNS yang disediakan Pemprov DKI Jakarta. 

TRIBUNTERNATE.COM - Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya memberikan kejelasan terkait jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk CPNS 2019.

Dikutip dari situs resmi bkn.go.id, jadwal SKB CPNS tahun 2019 diputuskan pelaksanaan SKB akan digelar pada tahun ini.

Yakni setelah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan (Dikdin) formasi tahun 2020.

Namun, hal ini tetap berjalan mengikuti status darurat pandemi covid-19 di Indonesia.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana selaku Ketua Pelaksana Panselnas mengatakan bahwa penetapan jadwal SKB CPNS Formasi Tahun 2019 diperkirakan pada Agustus – September 2020.

Pasalnya, SKD Dikdin 2020 digelar pada Juli 2020.

"Jika SKD Dikdin 2020 terlaksana sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada Juli 2020, maka jadwal SKB CPNS Formasi Tahun 2019 diperkirakan dapat berlangsung pada Agustus – September 2020," terang Bima.

"Namun perlu ditekankan bahwa realisasi jadwal yang disusun Panselnas ini bergantung pada penetapan status kedaruratan Covid-19. Untuk itu, selain menunggu persetujuan Presiden terhadap jadwal yang ditetapkan tersebut, Panselnas juga mempertimbangkan rekomendasi dari Gugus Tugas Pandemi soal status darurat Covid-19,” pungkas Bima.

Selama menunggu kepastian, BKN terus mencoba membuat uji coba melakukan tes CAT melalui online.

Hal ini menjadi langkah antisipasi jika tes CPNS dan Dikdin berjalan di masa pandemi covid-19.

"Salah satu yang sudah dilakukan uji coba adalah pelaksanaan ujian CAT pada seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kementerian Agama dengan menggunakan metode CAT Online pada 12 Mei 2020 lalu. BKN juga terus melakukan pemutakhiran secara sistem dan teknologi untuk pelaksanaan seleksi secara massal di masa pandemi Covid-19 seperti ini,” jelas Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen.

Pengumuman Hasil SKD Dilakukan 22-23 Maret 2020, Apakah Anda Lolos ke Tahap SKB? Berikut Cara Ceknya.
Pengumuman Hasil SKD Dilakukan 22-23 Maret 2020, Apakah Anda Lolos ke Tahap SKB? Berikut Cara Ceknya. (Instagram @bkngoidofficial)
Halaman
123
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved