Breaking News:

Pilkada 2020

DPC PDIP Solo Pertahankan Achmad Purnomo Maju Pilkada 2020, FX Hadi Rudyatmo Ungkap Alasannya

DPC PDI-P menyatakan menolak surat pengunduran diri Achmad Purnomo sebagai balon Wali Kota Solo.

KOMPAS.com/LABIB ZAMANI
Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo ditemui di rumah dinas Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Selasa (24/3/2020). 

TRIBUNTERNATE.COM - FX Hadi Rudyatmo, Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI-P Kota Solo menegaskan tetap akan mempertahankan Achmad Purnomo sebagai bakal calon Wali Kota di Pilkada 2020.

Salah satunya pertimbangannya adalah kesepakatan seluruh kader PDI-P di Kota Solo untuk memenangkan Achmad dan Teguh Prakoso.  

"Semuanya (PAC dan ranting) menolak pengunduran diri Pak Purnomo karena belum ada keputusan dari DPP. Sehingga proses pencalonan tetap berjalan tinggal menunggu yang diputuskan DPP partai," kata Rudy di Solo, Jawa Tengah, Minggu (7/6/2020).

Wali Kota Solo tersebut juga mengaku telah menyampaikan pernyataan sikapnya itu ke Achmad.  

Surat Mundur Achmad Purnomo dari Pencalonan Pilkada Solo Ditolak DPC PDI Perjuangan

"Sehingga ini tadi surat pernyataan, absensi sudah saya serahkan kepada beliau. Bahwa pengunduran beliau (Achmad Purnomo) tetap ditolak oleh yang mencalonkan (PAC, anak ranting, dan DPC). Pak Pur tetap taat dan patuh terhadap apa yang diputuskan DPC sambil menunggu DPP," terang Rudy yang juga menjabat Wali Kota Solo.

Sementara itu, terkait alasan Achmad yang mundur karena pilkada digelar di tengah pandemi, Rudy mengatakan hal itu sudah diantisipasi oleh DPC PDI-P Solo.

Tanggapan Purnomo

x
Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo (Humas Kementan)

Di sisi lain, saat dikonfirmasi terkait sikap DPC PDI-P Solo, Achmad Purnomo mengaku belum mengetahuinya. Namun demikian, dirinya akan mengikuti apapun keputusan dari partai.

"Dengan kata lain, saya akan melaksanakan apapun keputusan partai sebagai kader," kata Purmono yang kini menjabat Wakil Wali Kota Solo.

Achmad Purnomo Saingan Gibran Resmi Mundur dari Pilkada 2020, Surat Diberikan ke FX Hadi Rudyatmo

Seperti diberitakan sebelumnya, DPC PDI-P menyatakan menolak surat pengunduran diri Achmad Purnomo sebagai balon Wali Kota Solo.

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua DPC PDI-P Kota Solo Bidang Pemenangan Pemilu dan Komunikasi Politik Putut Gunawan.

"Berdasarkan rapat konsolidasi dan koordinasi DPC, pengurus anak cabang (PAC), dan pengurus ranting PDI-P Solo, untuk keberlanjutan program partai dan program Pemkot Solo yang dipimpin kader PDI-P, memutuskan menolak permohonan pengunduran diri Bapak Achmad Purnomo sebagai bakal calon wali kota Solo," kata Putut.

(Penulis: Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor: Abba Gabrillin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ini Alasan Rudy Pertahankan Achmad Purnomo untuk Maju Pilkada 2020 Kota Solo

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved